PENGARUH PENGETAHUAN WIRAUSAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Article Content

Ermawati Ermawati
Joko Widodo

Abstract

Seseorang dikatakan memiliki minat berwirausaha yang tinggi dapat dilihat dari berbagai aspek kepribadian
seperti watak, sikap dan perilaku seseorang. Perumusan masalah dalam penelitian seberapa besar pengaruh
pengetahuan wirausaha dan keprcayaan diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI jurusan pemasaran
SMK Negeri 2 Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104
siswa yang keseluruhanya yaitu kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Semarang, karena penelitian ini
merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sempel penelitian. Metode pengumpulan data
menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis
regresi berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,156 + 0,252X1 +
0,443X2. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil secara parsial pengetahuan wirausaha berpengaruh positif terhadap
minat berwirausaha sebesar 21,16% dan kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha
sebesar 13,24%, sedangkan secara simultan pengetahuan wirausaha dan kepercayaan diri secara bersama-sama
mempengaruhi minat berwirausaha sebesar 47,2% selebihnya 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.

Someone is said to have a high interest in entrepreneurship can be viewed from various aspects such as the character's
personality, attitude and behavior. The formulation of the problem in the study of how much the influence of students’
entrepreneurial knowledge and self confidence has on their interest in entrepreneurship in the case of eleventh grader student of
marketing program in SMK Negeri 2 Semarang either simultaneously or partially. The Population in this research is 104
students from eleventh grader marketing program of SMK Negeri 2 Semarang, because this research is population study so that
all the population is made as sample of the study. Methods of data collection are questionnaires, documentation and test. The
data is analyzed using percentage descriptions and multiple regression analysis. Based on the multiple linear regression was
obtained that regression equation Y = 0,156 + 0,252X1 + 0,443X2. Hypothesis test results obtained partial results of
entrepreneurial knowledge positive effect on entrepreneurship interest of 21,16% and a positive effect on the confidence of
13,24% interest in entrepreneurship, while simultaneously entrepreneurial knowledge and confidence together affect the interest
in entrepreneurship by 47,2% remaining 52,8% is influenced by other factors that is not examined in this study.

Article Details

How to Cite
Ermawati, E., & Widodo, J. (1). PENGARUH PENGETAHUAN WIRAUSAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8527
Section
Articles

References

Al-Mighwar, Muhammad. 2011. Psikologi Remaja-Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Bandung : CV Pustaka Setia.

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Aprilianty, Eka. 2012. “Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK”. Dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Bernstein, Andrew T., Elias G, Carayannis. 2012. “Exploring the Value Proposition of the Undergraduate Entrepreneurship Major and Elective Based on Student Self-Efficacy and Outcome Expectations”. Journal of Knowl Econ, DOI 10.1007/s13132-011-0041-z.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghufron, M Nur dan Risnawita Rini S. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Hamidah, Siti. 2014. “Pengaruh Self-Eficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga”. Dalam jurnal pendidikan vokasi, Vol. 4, No. 2. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Hosrich, Robert D., Michael P. Peters, dan Dean A. Shepherd. 2008. Entrepreneurship Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.


Nasution, Arman Hakim., Bustanul Arifin, dan Mokh. Suef. 2007. Entrepeneurship, Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Offset.

Redaksi Selasar. 2014. Pengangguran Usia Muda Indonesia Cukup Mengkhawatirkan. https://www.selasar.com/ekonomi/pengangguran-usia-muda-indonesia-cukup-mengkhawatirkan. (10 Februari 2015).

Solso, Robert L., Otto H. Maclin, dan Kimberly Maclin. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2006. Kewirausahaan – Pedoman Praktis : Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.

---------. 2013. Kewirausahaan – Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories - Teori-teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wawan, A dan Dewi M. 2011. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Yulianingsih, Ika Pina., Susilaningsih, dan Jaryanto. 2013. “Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan Dan Persepsi Peluang kerja Di Bidang Akuntansi Dengan Minat Berwirausaha”. Dalam jurnal pendidikan ekonomi, Vol. 2, No. 1. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.