PENGARUH PRESTASI AKADEMIK MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KEBUMEN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Article Content

Ulinnajah Sofia Handayani
Rediana Setiyani

Abstract

SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan calon tenaga kerja untuk bekerja dalam bidang tertentu. Data SMK N 1 Kebumen menunjukkan adanya peningkatan lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan dari tahun 2013 ke 2014 sebesar 4%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen program keahlian akuntansi.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sejumlah 120 siswa dan jumlah sampel sebanyak 92 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, praktik kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Kebumen sebesar 34,3%. Prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi berpengaruh sebesar 6,16%. Praktik kerja industri berpengaruh sebesar 25,4%. Sedangkan lingkungan keluarga berpengaruh sebesar 9,86%.

Vocational High School one of the educational institution that prepares the students to work in particular filed. Data of vocational high school 1 Kebumen show the increase students graduated from vocational high school have not gotten the job yet from 2013 to 2014 with amount 4%. The purpose of this study is to know whether there is influence of academic achievement accounting productive subject, on the job trining, and environmental family toward working readiness of the twelfth graders at state vocational high school 1 Kebumen who are taking accountancy program. The population in this study were students twelfth graders who are taking accountancy program with amount 120 students and the members of sample are 92 students were taken using the proportional random sampling. This research uses questionnaire and documentation to collect the data. The data of variable analyzed with multiple regression analysis.The results shows that the are some influence of academic achievement of accounting productive subject, on the job trining, and environmental family toward Vocational High School 1 Kebumen 34,3%. Influences of academic achievement 6,16%. Influence of on the job trining 25,4%. Influence of environmental family 9,86%.

Article Details

How to Cite
Handayani, U., & Setiyani, R. (2015). PENGARUH PRESTASI AKADEMIK MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KEBUMEN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8528
Section
Articles

References

Alvia, Pradika Iftafany Nur. 2014. Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Locus Of Control, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Unnes: Belum diterbitkan.
Asia http : //hdr.undp.org/en/statistics (diunduh 28 Desember 2014).

Firdaus, Zamzam Zawawi. 2012. Pengaruh Unit Produksi, Prakerin Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2012.

Yanto, Agus Fitri. 2006. Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta.

Gunawan, Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Hana. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Locus Of ControlnTerhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Surakarta. Jupe UNS: Vol 1, Nomor 1, April 2013.

Muktiani, Eka Efi. 2014. Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Prestasi
Akademik Mata Diklat Produktif Akuntansi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Nasional Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Vol 3, Nomor 1. UNNES.

Noviana. 2014. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Akuntansi, Program Praktik Kerja Industri Dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Vol 3, Nomor 1. UNNES.

O’Brien, K. 2013. Lesson About Work Readiness From Final Year Paramedic Students in an Australian University. Australian Journal of Paramedicine, 10 (4).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Sistem Penilaian Pendidikan.

Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Wye, Chung-Khain. 2012. Perceived Job Readiness of Business Students at the Institutes of Higher Learning in Malaysia. International of Advances in Management and Economics: Vol 1, Issues 6.