IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN “ECONOMICS MODULE” DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DAN AKTIVITAS SISWA KOMPETENSI DASAR PASAR MODAL

Main Article Content

Eka Aisyatul Ulya
Heri Yanto

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Implementasi model Reciprocal Teaching berbantuan “Economics Module†dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi dan hasil belajar ekonomi lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Serta implementasi model Reciprocal Teaching berbantuan “Economics Module†dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas siswa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.Penelitian ini menggunakanTrue experimental design. Populasinya adalahsiswa kelas XIIIS di SMA Negeri 3 Demak tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 182 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakanpurposive sampling yang kemudian didapat sampel kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tesdan observasi.Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-tets, uji H2 menggunakan independent sample t-test, pengujian H3 menggunakan uji paired sample t-tets danuji H4 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan modelReciprocal Teaching berbantuan “Economics Module†dilihat dari rata-rata nilaipost-test kelas eksperimen sebesar 86,1 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 80. Terdapat peningkatan pada aktivitas siswa setelah perlakuan model Reciprocal Teaching berbantuan “Economics Module†dilihat dari total nilai rata-rata pada pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir pada kelas eksperimen sebesar 59,29 lebih tinggi dibandingkan total nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 39,43. Saran dari penelitian ini diharapkan agar guru ekonomi menerapkan modelReciprocal Teaching berbantuan Economics Module karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada kompetensi dasar pasar modal dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi.

The purpose in this research is to find out: the implementation model reciprocal teaching assisted “economics module†can improving economics learning outcomes and economics learning outcomes is more effective than using conventional learning model. The implementation model reciprocal teaching assisted “economics module†can improving student activity and student activity is more effective than using conventional learning model.This research used true experiment design. The population is grade XI IIS in SMA Negeri 3 Demak in academic year 2014/2015, which consisted of five classes of as many as 182 students. The sampling technique used purposive sampling were the obtained samples class XI IIS 3 as experimental class and XI IIS 2 as the class control. The method of data collection is by testing and observing. H1 testing i.e. using paired samples t-test tets, test H2 using independent sample t-test, H3 testing i.e. using paired samples t-test tets and test H4 using independent sample t-test.The results showed that there is an increasing learning outcomes after treating with a model Reciprocal Teaching assisted “Economics Module†as seen from the average value of post-test experiment class of 86,1 is higher than post-test of control class 80. There is an increasing on students activity after treating with a model Reciprocal Teaching assisted “Economics Module†as seen from the average value of total value in the first meeting to the last meeting in the experimental class of 59,29 is higher than the average value of control class 39,43. The suggestion of the study expected that economy teachers apply Reciprocal Teaching model assisted Economics Module it is proven the effectiveness to improving learning economics outcomes in basic competencies on capital market and increasing students activity in economic learning

Article Details

How to Cite
Ulya, E., & Yanto, H. (1). IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN “ECONOMICS MODULE” DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DAN AKTIVITAS SISWA KOMPETENSI DASAR PASAR MODAL. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9994
Section
Articles

References

Astuti, dkk. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (Penelitian Eksperimen Pada Siswa kelas VIII SMP N 5 Pontianak). Pontianak : Untan

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hamzah, dkk. 2010. Using The Reciprocal Teaching Method By Teachers At Jordanian Schools. European Journal of Social Sciences. Volume 15 Number 1. Jordan : The University Of Jordan

Haryati. 2009. Implementasi Metode Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 4 No.2. Semarang : UNNES

Munib, Achmad. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UNNES Press

Rifa’i dan Aini. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES Press

Santoso, Jarot Tri Bowo. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Semarang : Yayasan Studi Bahasa Jawa

-----.2013b. Strategi Pembelajaran Akuntansi. Semarang : Yayasan Studi Bahasa Jawa

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Setyawati. 2012. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal TeachingDilengkapi Drill Soal Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Umum Siswa. Yogyakarta : UNY

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Tan Ooi, dkk. 2011. Effects Of Reciprocal Teaching Strategies On Reading Comprehension. Vol. 11 No. 2. Malaysia : University Sains Malaysia

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta : Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya