PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, SUPERVISI AKADEMIK, DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA/MA NEGERI DI KOTA MAGELANG

Main Article Content

Oky Estiana Putri
Amir Mahmud

Abstract

Pada era globalisasi dewasa ini pendidikan menjadi sangatpenting. Bekal pendidikan yang dimiliki suatu masyarakat akan berkembang secara baik, dan tidak dapat dipungkiri masyarakat tersebut semakin berkualitas sertamampu bersaing secara kompetitif di era persaingan yang  semakin ketat. Dalam suasana kompetitif semacam ini diperlukan sumber daya yang berkualitas. Untuk menciptakan sumber daya berkualitas diperlukan pendidik yang profesional. Keprofesionalan seorang pendidik dapat dilihat melalui kinerjanya yang baik. Kondisi di lapangan, kinerja guru di Kota Magelang masih belum optimal. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ekonomi/Akuntasi SMA/MA Negeri di Kota Magelang yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kurikulum, supervisi akademik, dan fasilitas kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 82,8%. Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada variable independen terhadap variabel dependen. Pemahaman kurikulum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru ekonomi SMA/MA Negeri sebesar 24,70%. Supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru ekonomi SMA/MA Negeri sebesar 19,54%, serta fasilitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 23,42%. Saran yang dapat diberikan adalah para guru hendaknya lebih meningkatkan pemahaman kurikulum supaya kinerjanya semakin baik. Bagi kepala sekolah hendaknya lebih memperhatikan lagi guru-guru dengan kegiatan supervisi akademik, dengan merasa diperhatikan, mendapat dorongan dan bantuan dari kepala sekolah guru akan lebih berusaha meningkatkan kinerjanya menjadi semakin baik. Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas kerja yang lebih baik lagi, nyaman dan lengkap supaya guru merasa puas dan kinerjanya akan semakin baik.

In the era of globalization education becomes very important. The provision of education held a community will grow as well, and there is no doubt that society more qualified and able to compete competitively in an era of increasingly fierce competition. In such a competitive atmosphere necessary quality resources. To create the resources necessary qualified professional educators. The professionality of an educator can be seen by their good performance. Field conditions, the performance of teachers in Magelang still not optimal yet. The study population was subject Economics / Accounting teachers State Senior High Schools in Magelang has numbered by 30 peoples. Methods of data collection was used the questionnaire. Variable data were analyzed with descriptive statistics and multiple regression analysis. The results show that curriculum comprehension, academic supervision, and influential work facilities simultaneously on teacher performance amounted to 82.8%. Partial effect was also found in the independent variable on the dependent variable. Comprehension of the curriculum have positive and significant impact on the performance of State Senior  High School economics teacher amounted to 24.70%. Academic supervision had  positive and significant effect on the performance of economic teachers State Senior High School amounted to 19.54%, as well as work facilities had positive and significant impact on teacher performance of 23.42%. Advice can be given is the teachers should further enhance the curriculum comprehension so that better performance can be reached. For the school principals should be give more concern to the teachers with academic supervision activities, by felt cared for, receive encouragement and support from the school pricipal,the  teachers will be trying to improve their performance to be better. Schools should provide better work facilities again, comfortable and complete so that the teacher is satisfied and the performance will be better..

Article Details

How to Cite
Putri, O., & Mahmud, A. (1). PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, SUPERVISI AKADEMIK, DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA/MA NEGERI DI KOTA MAGELANG. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9999
Section
Articles

References

Amirin, Tatang M. dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan (online). Vol. 9, No. 2:201-204. (http://digilib.unimed.ac.id/, diakses 10 Maret 2015)
Fauziah. 2014. Pengaruh Motivasi Disiplin, dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912 Semarang. Hal.1-10. Universitas Diponegoro. (http://ejournal-si.undip.ac.id/index.php/)
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Menggunakan Program IBM SPSS19. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hadis dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Husnan, Suad. 2002. Manajemen Personalia (ed 4). Yogyakarta: Pustaka Binawan Presindo.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers
Lingenfelter, P.E. 2003. Educational Accountability: Setting Standards, Improing Performance. Vol. 35, hal 16-23.Taylor &Francis, Ltd.
Markamah.2014. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Taqwiyatul Wathon Sumberjo Mranggen Tahun Pelajaran 2013/2014.Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Moenir, A.S. 2000. Pendekatan Manusia dan Organisasi terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Haji Masagung.
Muslim, S.B. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Nakpodia, E.D. 2011. The Dependent Outcome of Teacher Performance in Secondary School in Delta State: An Emperical Assesment of Principals’s Supervision Capacity (online). Vol. 1, No. 15-24. (http://papers.ssrn.com/, diakses 25 Maret 2015).
Nurdin, S. dan Usman Basyirudin. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Prasojo, L.D. dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Setyana, Meta Eka dkk. 2014. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Bodhisativa Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Siregar, Safrudin. 2005. Pemahaman Kurikulum 2004 dan Sikap Inovatif terhadap Kinerja Guru. (http://digilib.unimed.ac.id/, diakses 11 Mei 2015)
Sudjana, dan Ibrahim. 2002. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. User. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wildawati, W., dkk.2013. Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Lampung: Universitas Lampung. (Diakses 25 Maret 2015)
Yudanto, Taufik Adi. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kelompok Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. (http://digilib.unnes.ac.id/)