Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan minat membaca yang ada pada anak kelas V di SD Negeri 1 Doplang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subyek penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diambil menggunakan angket motivasi berprestasi dan angket minat membaca. Skala motivasi berprestasi terdiri dari 31 aitem valid dengan koefisien validitas aitem antara 0,380 sampai dengan 0,756 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,953. Skala minat membaca pada anak terdiri dari 31 aitem valid dengan koefisien validitas aitem antara 0,364 sampai dengan 0,745 dan dan koefisien reliabilitas sebesar 0,947. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi atau p = 0,000 dengan koefisien korelasi r = 0,895 menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan minat membaca pada anak kelas V SD Negeri 1 Doplang. Tingginya motivasi berprestasi siswa diikuti dengan tingginya minat membaca pada anak tersebut dan sebaliknya. Tingkat motivasi berprestasi siswa berada pada kriteria rendah yaitu sebesar 53,1% dan indikator yang paling berpengaruh dalam motivasi berprestasi yaitu perilaku yang timbul dan terarah. Tingkat minat membaca pada subyek berada dalam kriteria rendah, yaitu sebesar 56,2% dan indikator yang paling berpengaruh dalam minat membaca yaitu kesadaran akan manfaat membaca.

 

This study aims to determine the relationship of achievement motivation and interest in reading that of the children in class V SD Negeri 1 Doplang. This study is a quantitative correlation. The subjects of this study are 32 students. The sampling technique used was purposive sampling. The data were taken using a questionnaire of achievement motivation and interest in reading the questionnaire. Achievement motivation scale consists of 31 valid item to item validity coefficients between 0.380 to 0.756 and a reliability coefficient of 0.953. Child's interest in reading the scale consists of 31 valid item with item validity coefficients between 0.364 to 0.745 and 0.947 and a reliability coefficient of. The results show the significance or value of p = 0.000 with a correlation coefficient of r = 0.895 shows a significant positive relationship between achievement motivation and interest in reading in children fifth grade SD Negeri 1 Doplang. The high student achievement motivation followed by high interest reading on the child and vice versa. The level of student achievement motivation is at a low criterion is equal to 53.1% and the most influential indicator in the achievement motivation and purposeful behavior arises. The level of interest in reading on the subject is in the low criterion, ie by 56.2% and the most influential indicator in the interest of reading the awareness of the benefits of reading.