Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbandingan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Sampangan 02 Semarang yang mendapat calistung dan tidak mendapat calistung di Taman Kanak-kanak. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif komparatif dan merupakan studi populasi. Populasi adalah siswa SD Negeri Sampangan 02 Semarang kelas III sebanyak 83 siswa. Sampel sebanyak 68 siswa yang terambil secara purposive cluster sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes prestasi. Pengujian validitas menggunakan content validity dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus split half formula spearmen-brown sedangkan metode analisis data yng digunakan adalah analisis statistis t-tes dengan bantuan program Statistic For Social Science (SPSS) Versi 21.0.

 

This study aimed to test whether there is a comparison of mathematics learning achievement of students of SD Negeri 02 Semarang Sampangan got calistung and not get calistung in kindergarten. The study was a comparative quantitative study and a population study. The population is students of SD Negeri 02 Semarang Sampangan many as 83 students of class III. Sample of 68 students drawn by purposive cluster sampling. The variables in this study were achievement of learning. Methods of data collection in this study using achievement tests. Testing the validity of using content validity and reliability testing using split half formula formula-brown while the spearmen as the data analysis method used is the t-test statistical analysis with the help of the program Statistics For Social Science (SPSS) version 21.0.