PREFERENSI PENGLAJU TERHADAP MODA TRANSPORTASI DI DESA TLOGOREJO KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATAEN DEMAK

  • Nurul Arofah Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Apik Budi Santoso Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Saptono Putro Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Preferences, commuters, Transport Modes

Abstract

Pertambahan penduduk mendorong perubahan tak terbatas pada jumlah penduduk, Mobilitas merupakan suatu pergerakan penduduk. Pergerakan ini akan dihadapkan dalam suatu pemilihan moda transportasi. Penelitian dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penglaju dalam pemilihan moda transportasi dan pengaruh pendapatan terhadap preferensi moda transportasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi dan mengetahui pengaruh pendapatan terhadap preferensi moda transportasi. Teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling pada beberapa penglaju berdasarkan variasi pekerjaan yaitu meliputi pedagang, buruh bangunan, buruh industri, pengusaha, dan PNS/ABRI. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif persentase dan analisis statistik dengan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan tidak berpengaruh terhadap pemilihan moda transportasi akan tetapi faktor yang berpengaruh adalah biaya transportasi dan jarak tempuh.
Mobility is a movement of people. movement then will be faced in an election mode of transportation. The study conducted to analyze the factors that affect commuters in the selection of transportation modes and the effect of income on transportation preferences. The purpose of this study to determine the factors that affect the transport and determine the effect of income on transportation preferences. The sampling technique is proportional random sampling based on some variation of work commuters which include traders, construction workers, industrial workers, businessmen, and civil / military. Research using quantitative descriptive analysis method, the percentage of descriptive analysis and statistical analysis by multiple linear regression. The results showed that income had no effect on the selection of transportation modes but the factors that influence the cost of transportation and mileage
Section
Articles