Model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Permainan Card Sort Untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Materi Peradaban Awal Dunia Bagi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri

Main Article Content

Retno Widianto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model discovery learning berbantuan permainan card sort dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah materi peradaban awal dunia bagi siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri pada semester 2 tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti memilih tempat penelitian di kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis tindakan yaitu : (1) terjadi peningkatan keaktifan belajar bila dibandingkan antara kondisi awal dengan kondisi akhir, hal ini dapat dilihat dari (a) jumlah siswa yang tidak aktif dari 2 menjadi 0; (b) jumlah siswa yang kurang aktif dari 17 menjadi 0; (c) jumlah siswa aktif dari 16 menjadi 32; jumlah siswa sangat aktif dari 1 menjadi 4. (2) terjadi peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari (a) jumlah siswa tidak tuntas KKM dari 9 menjadi 0; (b) jumlah siswa tuntas KKM dari 27 menjadi 36; (c) terjadi peningkatan prosentase ketuntasan KKM dari 75% menjadi 100%; (d) terjadi peningkatan nilai terrendah dari 40 menjadi 75; (e) terjadi peningkatan nilai tertinggi dari 90 menjadi 100; (f) terjadi peningkatan rerata kelas dari 78 menjadi 86.

Article Details

Section
Articles