Peran Guru Sejarah Dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Pokok Pembahasan Proklamasi Kemerdekaan Di SMA Teuku Umar Semarang

Main Article Content

Ajie Prayoga

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui implementasi pembelajaran sejarah dalam pokok bahasan proklmasi kemerdekaan dalam menumbuhkan rasa nasionalisme siwa SMA Teuku Umar Semarang. 2) Mengetahui peran guru sejarah dalam menumbuhkan nasionalisme pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan di SMA Teuku Umar Semarang. 3) Mengetahui hambatan-hambatan yang di hadapi guru dalam menumbuhkan rasa nasionalisme pada pokok pembahasan proklamasi kemerdekaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Kualiatif deskriptif yaitu sebuah penelitian yang menekankan kepada sebuah narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tenik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 5 orang di antara 4 orang peserta didik yang terdiri dari kelas XI IPA dan 1 orang guru pelajaran sejarah sebagai informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Guru Sejarah Dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Pokok Pembahasan Proklamasi Kemerdekaan di SMA Teuku Umar Semarang. 1) Dalam penggunaan media dan metode pembelajran yang sejatinya adalah penujang dalam pembelajaran dan sebagai alat untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan pesan dan tujuan dalam pembelajaran tidak dioptimalkan dengan baik.2) Peran guru sebagai pembimbing belum berjalan dengan baik, contohnya dalam tingkah laku peserta didik yang kurang sopan kepada guru. 3) hambatan yang dihadapi guru berupa estimasi waktu yang sedikit dan juga materi yang sanagat banyak. Saran, Guru hendaknya dapat mengontarol kelas agar peserta didik dapat terkendalikan dan pembelajaran dapat terwujud tujuan utamanaya dan guru juga harus dapat memiliki kewibawaan agar peserta didik menjadi guru sebagai panutan.

Article Details

Section
Articles