Penerapan Metode Pembelajaran Playing Card Slot untuk Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 12 Semarang

  • Syaiful Amin Universitas Negeri Semarang
  • Sugiarto Sugiarto SMA Negeri 12 Semarang
Keywords: model, pembelajaran, sejarah, playing card slot

Abstract

Berbeda dengan pembelajaran ilmu eksak, pembelajaran ilmu sosial kurang dapat menarik perhatian siswa. Pembelajaran ilmu eksak tanpa menggunakan model dan metode yang kreatif banyak siswa yang tertarik dan berminat. Berbeda dengan pembelajaran ilmu sosial seperti sejarah. Di SMA Negeri 12 Semarang pembelajaran sejarah juga kurang menarik minat siswa. Siswa kurang antusias ketika pembelajaran sejarah berlangsung. Penyebabnya dapat berbagai hal, seperti model pembelajaran yang digunakan guru atau penyebab lain. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah menggunakan model playing card slot dalam pembelajaran sejarah. Penerapan model playing card slot ini diterapkan dalam pembelajaran sejarah di SMAN Negeri 12 Semarang. Dilakukan observasi selama proses pembelajaran dan wawancara dengan siswa setelah proses pembelajaran. Hasilnya siswa sangat antusias selama proses pembelajaran menggunakan model playing card slot. Sebelumnya mereka belum pernah menggunakan model seperti ini dan selalu diskusi kelompok ketika pembelajaran sejarah.

References

Anggara, Boyi. (2007). ‘Pembelajaran Sejarah yang Berorientasi pada Masalah- Masalah Sosial Kontemporer’. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007.
Cooney, T.J. Davis, E.J. dan Henderson, K.B. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Miffin Company.
Hasan, Hamid S. 2007. ‘Kurikulum Pendidikan Sejarah Berbasis Kompetensi’. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007..
Martanto, SD, dkk. 2009. ‘Pembelajaran Sejarah Berbasis Realitas Sosial Kontemporer Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa’. PKM-GT. Semarang. Tidak Dipublikasikan.
Widja, I Gde. 1989. Dasar – Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Debdikbud.
Published
2019-12-31
How to Cite
Amin, S., & Sugiarto, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Playing Card Slot untuk Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 12 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 129-134. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.35295