Penerapan Metode Pembelajaran Playing Card Slot untuk Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 12 Semarang
Abstract
Berbeda dengan pembelajaran ilmu eksak, pembelajaran ilmu sosial kurang dapat menarik perhatian siswa. Pembelajaran ilmu eksak tanpa menggunakan model dan metode yang kreatif banyak siswa yang tertarik dan berminat. Berbeda dengan pembelajaran ilmu sosial seperti sejarah. Di SMA Negeri 12 Semarang pembelajaran sejarah juga kurang menarik minat siswa. Siswa kurang antusias ketika pembelajaran sejarah berlangsung. Penyebabnya dapat berbagai hal, seperti model pembelajaran yang digunakan guru atau penyebab lain. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah menggunakan model playing card slot dalam pembelajaran sejarah. Penerapan model playing card slot ini diterapkan dalam pembelajaran sejarah di SMAN Negeri 12 Semarang. Dilakukan observasi selama proses pembelajaran dan wawancara dengan siswa setelah proses pembelajaran. Hasilnya siswa sangat antusias selama proses pembelajaran menggunakan model playing card slot. Sebelumnya mereka belum pernah menggunakan model seperti ini dan selalu diskusi kelompok ketika pembelajaran sejarah.
References
Cooney, T.J. Davis, E.J. dan Henderson, K.B. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Miffin Company.
Hasan, Hamid S. 2007. ‘Kurikulum Pendidikan Sejarah Berbasis Kompetensi’. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007..
Martanto, SD, dkk. 2009. ‘Pembelajaran Sejarah Berbasis Realitas Sosial Kontemporer Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa’. PKM-GT. Semarang. Tidak Dipublikasikan.
Widja, I Gde. 1989. Dasar – Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Debdikbud.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.