Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI Terhadap Nilai-Nilai Keteladanan K.H Ahmad Dahlan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang

  • Ulfiah Afidatul Jannah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Tsabit Azinar Ahmad Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
Keywords: kesadaran sejarah, keteladanan, K.H Ahmad Dahlan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan tokoh Ahmad Dahlan yang telah di terapkan dalam proses pembelajaran, untuk mengedepankan penanaman nilai-nilai keteladanan tokoh Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran dan untuk menganalisis kendala proses pembelajaran tentang ketokohan Ahmad Dahlan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Informan adalah guru sejarah, guru kemuhammadiyahan, siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K.H Ahmad Dahlan memiliki 5 nilai keteladanan yang tercantum dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu nilai religius, mandiri, gotong royong, nasionalis, dan integritas. Penanaman nilai keteladanan K.H Ahmad Dahlan sudah dilakukan cukup baik pada pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Selain pembelajaran sejarah, mata pelajaran Kemuhammadiyahan juga berperan penting dalam proses penanaman nilai-nilai keteledanan K.H Ahmad Dahlan kedalam diri siswa. Kendala dalam penanaman nilai-nilai keteladananan K.H Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran sejarah dan kurangnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru, sehingga guru memiliki kesulitan terkait dengan perbedaan karakter siswa yang begitu banyak dan juga tidak mungkin guru dapat memahami karakter siswa satu persatu.

References

Agung dan Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Ahmad, T.A. (2014). Kendala Guru dalam Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelejaran Sejarah. Jurnal Khazanah Pendidikan Vol 7 No 1.
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Amin, S. (2010). Pewarisan Nilai Sejarah Lokal melalui Pembelajaran Sejarah jalur Formal dan Informal pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Tesis. Surakarta: Pendidikan Sejarah UNS.
Chaerulsyah, E. M. (2013). Persepsi Siswa Tentang Keteladanan Pahlawan Nasional Untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun 2012/2013. Skripsi. Semarang: UNNES
Firdaus, P. dan Ahmad. (2018). Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan Keteladanan Sunan Kudus Di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, Vol 6 No 2
Gunawan, R. (2013). Pembelajaran Nilai-nilai Pahlawan Kemerdekaan Soekarno Dalam Rangka Mengembalikan Karakter Bangsa Indonesia. E-Journal WIDYA Non-Eksakta Vol 1 No 1
Jamhari. (2016). Implikasi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Skripsi. Banten: IAIN Sultan Maulana
Hasanuddin Kurniawan, S. dan Erwin M. (2013). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kutoyo, S. (1998). Kiai Ahmad Dahlan dan Persyarikatan Muhammadiyah. Jakarta: Balai Pustaka.
Mu’thi, A. dkk. (2015). K.H Ahmad Dahlan (1868-1923). Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pramono, S. E. (2014). ‘Kinerja Guru Sejarah: Studi Kausal pada Guru-guru Sejarah SMA di Kota Semarang’. Paramita Historical Studies Journal 24 (1):115.
Utomo, C. B. (2012). Model kepemimpinan dan Suasana Akademik dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kota Semarang. Paramita Historical Studies Journal. Vol.22, No 1
Yazici, S. dan Mecnum A. (2011). Using Heroes as Role Models in Value Education A Comparison between social studies Textbooks and Prospective Teacher’s Choiceof Hero or Heroines. Edam.
Published
2019-12-31
How to Cite
Jannah, U., & Ahmad, T. (2019). Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI Terhadap Nilai-Nilai Keteladanan K.H Ahmad Dahlan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 135-145. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36430