Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Ketenagakerjaan Pe-serta Didik di SMP N 7 Purworejo

  • Widiyati Widiyati SMP Negeri 7 Purworejo
Keywords: FGD, peningkatan, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik Kelas VIII-B SMP Negeri 7 Purworejo Setelah Mengikuti Proses Pembelajaran IPS dengan Model Focus Group Discussion (FGD) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi pokok ketenagakerjaan setelah mengikuti proses pembelajaran IPS. Penelitian ini dikerjakan menggunakan model penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  ini dilaksanakan di  SMP Negeri 7 Pur-worejo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 7 Purworejo, yang berjumlah (30 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 18  perempuan). Pemilihan kelas VIII-B sebagai subjek penelitian karena aktivitas, keaktifan peserta didik saat proses belajar mengajar sangatlah rendah bahkan bisa dibilang pasif, segaris dengan itu hasil belajar peserta didik juga sangat rendah dibandingkan dengan kelas lainnya sehingga perlu diadakan peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil peneleitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari 2 siklus yang dilakukan, baik dari segi aktivitas maupun hasil belajar.

References

Agung, L. (2015). The Development of Local Wisdom-Based Social Science Learning Model with Bengawan Solo as the Learning Source. American International Journal of Social Science.
Ani widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL UNY, JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008.
Barton, K. C., & Levstik, L. S. (2004). Teaching history for the common good. In Teaching History for the Common Good. https://doi.org/10.4324/9781410610508
Diesing, P., & Diesing, P. (2019). Social Studies of Science. In Science & Ideology in the Policy Sciences. https://doi.org/10.4324/9781315128986-1
Hanifah, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ABAD 21: KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa smp. Pendidikan Fisika.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar.
King, D. (2012). Social studies. Computer Graphics World.
Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Miaz, Y. (2014). Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen. In Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen.
Mulyatiningsih, E. (2010). Pembelajaran Aktif, Kreatif Inovatif, Efektif Dan (Paikem), Menyenangkan. Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. https://doi.org/10.1049/el:20057014
Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (2014). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN THE APPLICATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS CRITICAL THINKING. Pendidikan Vokasi.
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.
Nurdyansyah, M., Pd, A., & Widodo, M. M. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran.
Perkinson, H. J. (2012). The Culture of Education. New Vico Studies. https://doi.org/10.5840/newvico19971510
RISMURDIYATI. (2013). Upaya meningkatkan hasil belajar ipa menggunakan media pembelajaran berupa charta untuk materi sistem pencernaan pada manusia ,. Jurnal Formatif 2(3): 235-247 ISSN: 2088-351X. https://doi.org/10.4172/2329-6925.1000259
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2018). PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS FOLKLORE UNTUK MENANAMKAN NILAI KEARIFAN LOKAL KEPADA SISWA. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p079
Sardiman, A. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. In Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.
Sardiman, A. M. (2001). Interaksi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641
Suharso, R. (2018). PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL PADA KELAS SEJARAH (MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL KOTA KUDUS DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA SEJARAH). Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p095
Suryani, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS IT. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186
Walenta, M. (2019). Research method. In Second Language Learning and Teaching. https://doi.org/10.1007/978-3-030-04699-6_4
Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Zehr, D. (2000). Teaching Psychology’s History through a Comparative Analysis of Introductory Psychology Texts. Teaching of Psychology. https://doi.org/10.1207/S15328023TOP2701_6
Published
2019-12-31
How to Cite
Widiyati, W. (2019). Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Ketenagakerjaan Pe-serta Didik di SMP N 7 Purworejo. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 146-153. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36432