Pengaruh Pembelajaran Sejarah dan Persepsi Siswa Terhadap Ketokohan Jenderal Soedirman Pada Sikap Bela Negara di SMAN 1 Rembang Purbalingga
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman dengan sikap bela negara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rembang dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI yang terdiri dari 8 (delapam) kelas yang diambil masing-masing 21 anak dari setiap kelas dengan total 168 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran sejarah submateri Soedirman (X1), dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman (X2) serta variabel terikat yaitu sikap bela negara siswa (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap bela negara siswa. Hal ini dibuktikan dengan Uji F yang diperoleh Fhitung45,641>2,659 Ftabel, sehingga H3 berbunyi : “Ada pengaruh positif pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi terhadap ketokohan Jenderal Soedirman dengan sikap bela negara siswaâ€, diterima. Secara simultan pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman berpengaruh dengan sikap bela negara siswa sebesar 34,8%.
References
Atno. (2010). “Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Media Vcd Pembelajaranâ€. Paramita Historical Studies Journal Vol. 20 No. 1.
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bakhri, M.S. (2018). “Pembelajaran Sejarah, Persepsi Dan Sikap Siswa Terhadap Figur Kartini Di SMA N 2 Rembang Tahun 2018â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Chaerulsyah, E.M. (2013). “Persepsi Siswa tentang Keteladanan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan Melalui Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun 2012/2013â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Sema-rang.
Munib, Ahmad., dkk. (2010). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Promono, Suwito Eko. (2012). “Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Se-jarah melalui Metode Pemecahan Ma-salah dan Diskusiâ€. Paramita Historical Studies Journal. No 2. Hal 239.
Sardiman, Ajat S, Djoko Suryo. (2017). “The Revitalization of Deliberation Values in The Education of Democracy in Indonesia: A Study of Soedirman Figure Valuesâ€. International Jurnal of Servises and Standards. Vol.13, No.1.
Sarwono, Sarlito W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Subagyo. (2011). Membangun Kesadaran Sejarah. Semarang: Widya Karya.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Susilo, A. (2018). “Sejarah Perjuangan Jenderal Soedirman dalam Mempertahankan Indonesia (1945-1950)â€. Jurnal HISTORIA, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2018, ISSN 2337-4713 (e-ISSN 2442-8728).
Y.Y.F.R Sunarjan. (2014). “Survival Strategy Komunitas Makam Gunung Brintik Semarangâ€. Disertasi. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.