Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syska Purnama Sari
Januar Eko Aryansah
Kurnia Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi mahasiswa dalam mengahadapi pandemi covid 19 di kota Palembang. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif tahun pertama di seluruh Universitas di Kota Palembang dengan sampel 260 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen resiliensi yang dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tertinggi mahasiswa berada pada kriteria sedang dengan nilai 53%, dilanjutkan dengan kriteria rendah 24% dan tinggi 23%. Rata-rata gambaran resiliensi mahasiswa di kota Palembang berada pada pada kategori sedang artinya mahasiswa masih gelisah dalam menghadapi masalah-masalah selama melakukan proses pembelajaran dari rumah, mahasiswa masih belum mampu menganalisa dengan baik masalah tersebut, masih memiliki rasa empati yang rendah dengan lingkungan sekitarnya namun mahasiswa memiliki keyakinan yang tinggi bahwa pandemi ataupun masalah-masalah yang sedang dihadapi akan mampu diselesaikan dengan baik, dan mahasiswa memiliki keinginan untuk mengoptimalkan kemampuannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.


This study aims to determine the description of student resilience in dealing with the pandemic covid 19 in the city of Palembang. This type of research uses quantitative descriptive methods. The population in this study were all first year active students in all universities in the city of Palembang with a sample of 260 students. Data collection using resilience instruments were analyzed using the formula of frequency distribution and percentage. The results showed that the highest score of students was in the medium criteria 53%, a low of 24% and a high of 23%. Profil of students resilience in the medium category. The meaning is students are restless in dealing with problems during the learning from home, students are unable to properly analyze the problem, have a low empathy feeling with the environment but they confidence that the pandemic or the problems can be resolved properly, and students will optimize their abilities to get maximum results.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, S., Aryansah, J., & Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.38674

References

Buana, Dana Riksa. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covi-19) dan Kiat Menjaga Kesehatan Jiwa. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/340103659_Analisis_Perilaku_Masyarakat_Indonesia_dalam_Menghadapi_Pandemi_Virus_Corona_Covid-19_dan_Kiat_Menjaga_Kesejahteraan_Jiwa

Hadianti, S.W., Nurwati, N., & Darwis, S.R. (2017). Resiliensi Remaja Berprestasi Dengan Latar Belakang Orang Tua Bercerai Studi Kasus Pada Siswa – Siswi Berprestasi Dengan Latar Belakang Orang Tua Bercerai Di Sma Negeri 1 Margahayu. Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 223-229.

Idhom, M. A. (2020). Update Corona 5 Mei 2020 di Indonesia dan Dunia: Data Kasus Terbaru. Diakses dari https://tirto.id/update-corona-5-mei-2020-di-indonesia-dan-dunia-data-kasus-terbaru-fkCo

Khomsah, N.R., Mugiasro, H., & Kurniawan, K. (2018). Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 7(2), 46-53.

Mawarpury, M., & Mirza (2017). Resiliensi dalam Keluarga: Perspekstif Psikologi. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 96-106.

Mukaromah, V.F. (2020). Update Virus Corona Dunia 2 Mei: 3,4 Juta Orang Terinfeksi, 1,08 Juta Orang Sembuh. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/02/071440965/update-virus-corona-dunia-2-mei-34-juta-orang-terinfeksi-108-juta-orang.

Patnani, Miwa. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 1(2), 130-142.

Purwanto, A. et al (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12

Reivich, K., Shatte A. (2002). The Resilience Factor Tujuh Key To Finding Your Inner Strength And OverComing Life’s Hurdles. New York : Three Rivers Press

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Sholichah, I.F., Paulana, A.N., & Fitrya, P. (2018) Self-Esteem dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 191-197.

Sumatri, Arga. (2020). Metamorfosis Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Diakses dari https://www.medcom.id/pendidikan/inspirasi-pendidikan/JKRGWl5N-metamorfosis-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi-covid-19

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksa