Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Self-Monitoring Guna Meminimalisir Kecenderungan Menarik Diri Siswa The Effect of Providing Counseling Services for Behavioral Approaches of Self Monitoring Techniques to Minimize Interesting Trends of VIII-2 SMP Students Private Islamic Azizi Medan T.A 2019/2020 Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nani Barorah
Husna Parluhutan Tambunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik self monitoring guna meminimalisir kecenderungan menarik diri siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Islam Azizi Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimenal dengan desain Pre test – post tes one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 (enam) orang siswa kelas VIII-2 yang tingkat kecenderungan menarik diri dalam kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah sosiometri dan kuesioner kecenderungan menarik diri. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik self monitoring dapat meminimalisir kecenderungan menarik diri siswa (Z = -3,73, p = 0,031). Penelitian ini memberikan implikasi bagi pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah.


This study aims to determine the effect of providing group counseling services with the behavioral approach to self-monitoring techniques to minimize the tendency to withdraw from class VIII-2 students of Azizi Islamic Private Middle School in Medan for the 2019/2020 academic year. This type of research is Quasi-experimental with a Pre-test - post-test one-group design. The subjects in this study were 6 (six) students of class VIII-2 whose level of a tendency to withdraw in the high category. The instruments used were sociometry and a withdrawal tendency questionnaire. Data were analyzed using the Wilcoxon test showing that group counseling services with the behavioral approach of self-monitoring techniques can minimize the tendency to withdraw students (Z = -3,73, p = 0,031). This study has implications for guidance and counseling services in schools.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Barorah, N., & Tambunan, H. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Self-Monitoring Guna Meminimalisir Kecenderungan Menarik Diri Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 57-61. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.40374

References

Amilin, F. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Kecenderungan Menarik

Diri (Withdrawl) pada Siswa Kelas X MIA 4 SMA NEGERI 1 Mantup Lamongan. Jurnal BK Unesa, 4(3).

Al-Mighwar, Muhammad. (2006). Psikologi Remaja. Bandung : Pustaka Setia

Corey, G. (2009) Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika. Aditama

Hurlock, E.B. (1996). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga

Komalasari, Gantina, dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : Indeks

Lumongga. (2011) Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Prakatik, Jakarta ; Encana Prenada Media Grup

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika, Bandung: Gramedia Pustaka

Yuni Setya. (2014) Konsep dasar Keperawatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran