Pengaruh Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Terhadap Resiliensi Siswa SMK Nusaputera Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Apriyadi Apriyadi
Maria Theresia Sri Hartati

Abstract

Resiliensi adalah kapasitas individu untuk menghadapi dan mengatasi serta merespon secara positif kondisi tidak menyenangkan yang tidak dapat dihindari, dan memanfaatkan kondisi tersebut untuk memperkuat diri. Resiliensi siswa SMK Nusaputera 2 Semarang berada pada kategori rendah perlu ditingkatkan dengan layanan penguasaan konten. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modeling terhadap resiliensi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian siswa kelas X A-Farmasi SMK Nusaputera 2 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data yaitu skala resiliensi yang dianalisis  secara kuantitatif  dengan menggunakan deskriptif persentase dan uji T-test. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Resiliensi siswa sebelum diberikan perlakuan menunjukkan kategori rendah, 2) Resiliensi siswa setelah diberikan perlakuan menunjukkan kategori tinggi, 3) terdapat pengaruh penguasaan konten dengan teknik modeling terhadap peningkatan resiliensi siswa.


Resilience is the capacity of individuals to deal,overcome and respond positively to the unpleasant conditions that can not be avoided, and take advantage of these conditions to strengthen themselves. Resilience vocational students Nusaputera 2 Semarang are in the low category that needs to be improved by mastery of the content. The main purpose of this study was to determine the effect of service mastery of content with modeling techniques to the resilience of students. Pre-experimental was used as research design with one group pretest-posttest. Research subjects are students of class X A-Pharmaceutical SMK Nusaputera 2 Semarang totaling 32 students. Resilience scale instrument analyzed by quantitative descriptive percentages and T-test. The conclusions of this study were 1) Resilience student mastery of the content before modeling technique treatment showed low category, 2) Resilience students after modeling techniques treatment show high category, 3) There are an effect mastery of content with modeling techniques to the improvement resilience of students.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Apriyadi, A., & Sri Hartati, M. (2015). Pengaruh Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Terhadap Resiliensi Siswa SMK Nusaputera Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i2.7519

References

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hernowo. 2003. Quantum Reading. Bandung: Mizan Learning Centre

Nurihsan, A. J. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara

Pervin & John. 2001. Personality : Theory and Research. Bandung: Salemba.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Suwarjo. 2008. Konseling Teman Sebaya untuk Peningkatan Resiliensi Remaja (Pemanfaatan Interaksi Remaja dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SLTP dan SLTA). Makalah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)