Abstract

Salah satu masalah pendidikan tingkat sekolah dasar di Indonesia adalah kurangnya pe-layanan terhadap pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengkaji upaya MI Luqman Al Hakim dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tiga prosedur, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian men-unjukkan bahwa identifikasi harapan pelanggan dilaksanakan melalui isian formulir pendaf-taran, paguyuban kelas, POMG, dan komunikasi langsung. Pelayanan pelanggan internal dilakukan dengan meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru. Pelayanan terhadap pelanggan ekternal dilakukan melalui pembelajaran inovatif dan keteladanan dari pendidik. Kualitas layanan yang dilakukan terhadap pelanggan secara umum baik.

One of educational problem in elementary school in Indonesia is the lack of service to the consumer. The objection of this research is to find out and evaluate the efforts of MI Luq-man Al Hakim in increasing quality service to the consumer. This research uses qualitative approach. The data are collected by interview, observation, documentation, and triangula-tion. The data analysis is done by three steps; reduction, presentation, and conclusion. The result shows that the identification of customer expectation is done by filling registration form, community, POMG, and direct communication. The internal customer service is done by improving head master’s competence and teachers. The service to external consumer is done by innovative learning and paragon of the teachers.dilakukan melalui pembelajaran inovatif dan keteladanan dari pendidik. Overall the quality service to the customer runs well.