PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ASPEK MEMBACA PERMULAAN SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kusminah -

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi karakteristik model pembelajaran induktif kata bergambar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru sekolah dasar, merumuskan prinsip-prinsip model pembelajaran induktif kata bergambar, mengembangkan prototipe model pembelajaran induktif kata bergambar, dan menentukan keefektifan model pembelajaran induktif kata bergambar bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter aspek membaca permulaan di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan desain research and development dengan tahapan pengumpulan informasi dan kajian teori, penyusunan desain dan model pengembangan, pengumpulan data lapangan, analisis data awal, penyusunan model pengembangan, validasi, dan uji coba kekefektifan. Sumber data penelitian adalah para guru dan peserta didik kelas I sekolah dasar, ahli model pembelajaran, dan ahli bahasa. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Karakteristik model pembelajaran induktif kata bergambar bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter aspek membaca berdasarkan kebutuhan guru dan peserta didik ditinjau dari dimensi sintakmatik, sistem sosial, sistem pendukung, sistem reaksi, dan tujuan instruksional serta dampak pengiring yang menjadi dasar merumuskan prinsip-prinsip model pembelajaran induktif kata bergambar. Hasil uji kekefektifan menunjukan 27 dari 30 peserta didik tuntas belajar (93%) dengan nilai rata-rata kelas 8.3. Hasil uji t menunjukkan ada perbedaan antara hasil sebelum dan setelah memanfaatkan model pembelajaran induktif kata bergambar, terbukti efektif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik.

 

This study aims to idenfity the characters of inductive learning model of character building based on the needs of students and teachers, formulate the principles of inductive learning model, and develop the prototype of the model. This study employs a research and development. Data is collected from teachers, students of the first grade, learning model experts, and linguists. Data is analysed qualitatively and quantitatively.  The characteristic model of inductive learning in this study is analysed from syntaxmatics system, social system, support system, reaction system, and instructional goals, as well as the impact factors of formulating the model. The results of effectiveness test show that 27 out of 30 students (93%) have 8.3 average. The t test shows that there are differences between the pre-test and post test after using the learning model.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Kusminah -, Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang 50233

Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Amanda .2009. Book and Becoming good: Demonstrating Aristotle’s Theory of moral Development in The Art of Reading. The Journal Of International Social Research, Volume1/2Winter. Diunduh dari www.sosyalarastirmalar.comcilt1/sayi2/sayi2pdf/ cubukcu feryal.pdf. tanggal 25 Juli 2010
Asmani, M. A. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Benson And T. S. Engeman (2010) .Journal of Moral Education .Vol 4, No 1, pp 53-59
Cubukcu, Feryal. 2008. “How to Enhance Reading Comprehensif Through Metacognitive Strategies.” The Journal Of International Social Research. Volume1/2 Winter 2008. Diunduh dari www.sosyalarastirmalar. com/cilt1 /sayi2/sayi2pdf/cubukcu_feryal.pdf. tanggal 25 Pebruari 2010
Gall, Meredith D., Joyce P. Gall, dan Walter R. Borg. 1983. Educational Research An Introduction (4th ed.). New York : Pearson Education, Inc
Ghazali, Syukur.2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Perkasa
Joyce, Bruce. 2011. Models of Teaching.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kristianto. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis Inquiri untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes
McKool, Sharon S. and Suzanne Gespass. 2011. “Does Johnny’s Reading Teacher Love to Read? How Teachers’ Personal Reading Habits Affect Instructional Practices”. http://perpus.unnes.ac.id_situs jurnal_ProQuest_ Literacy Research and Instruction. Diunduh 4-5-2010
Revell, Lynn dan James Arthur. 2007. “Character Education in Schools and the Education of Teachers”. Journal of Moral Education Vol. 36, No. 1, March 2007. London: Routledge Informa Ltd. www.4shared.com. Diunduh 11-4-2010
Rees, C.R. 2010. Department of Health Studies, Physical Education and Human Performance Science, Adelphi University, Garden City, New York. Jurnal Internasional. Volume 10.2. diunduh 12 April 2011
Subyantoro. 2009. Pelangi Pembelajaran Bahasa. Semarang: Unnes Pres
Winataputra, Udin S. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif.Jakarta: Universitas Terbuka