Ali, Mohammad. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Pedagogiana Press : Bandung
Asmadawati. 2014. Perencanaan Pengajaran. Jurnal Darul Ilmi. Vol. 02 No. 01
Citra, Yulia. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. Vol. 1 No.1
Creswell, John W. 2007. Qualitative inquiry and research design: Choosing Among Five Approaches (2nd ed.). Sage Publications : Inc City.
Cresswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Memilih Diantara Lima Pendekatan., Terjemahan oleh Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dahliayana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosioreligi. Volume 15 Nomor 1, Edisi Maret 2017. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/download/5628/3821 (Diakses 22 Oktober 2020)
Dale, H. Schunk. 2012. Learning theoris. An education perspektif. Pustaka pelajar : Yogyakarta.
Dermawan, Oki. 2013. Strategi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. VI, No.2 Hal: 886 – 897
Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Cet 2. Jakarta: Prenada Media Grup
Djamarah, Syaiful Bahri . 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2000. Manajemen Kelas. IKIP Semarang Press
Fauziah, Siti Bustani, Fitri Nur Mhamudah dan Edhy Susatya. 2020. Strategi Pembiasaan Karakter Bagi Peserta didik Berkebutuhan Khusus. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). Volume 5, No. 1 https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3512/3278 (diakses pada tanggal 23 Agustus 2020)
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hermawan, Asep Herry. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Repository UT http://repository.ut.ac.id/4171/2/PDGK4502-M1.pdf (Diakses pada tanggal 14 Oktober 2020)
Idrus, L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara Jurnal Managemen Pendidikan Islam.
Judiani, Sri. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum Judiani. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.†Oktober 2010. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/ind ex.php/jpnk/article/view/519/358
Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan; Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. https://tunas63.wordpress.com. Diakses pada tanggal 23 Desember 2019.
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta : Arruzz Media
Kustawan, Dedy dan Meimulyani, Yani. 2013. Mengenal Pendidikan Khusus dan pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Bandung: Luxima Metro Media.
Ladjid, Hafni. 2005. Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Quantum Teaching.
Laila, Qumruin Nurul. 2016. Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. Jurnal STIT NU Al-Hikmah. Vol. III No. 1.
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/45/45/
Listiady, Ari Ilham. 2016. Model Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kesenian Ketoprak. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 12, No 2 (2016)
Muali, Chusnul. 2019. Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama Perspektif Albert Bandura. FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume. 9, Nomor. 1, Juli 2019. P-ISSN 2441- 2401; e-ISSN 2477-5622. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/download/3297/2569/
Muhammad Fauzan Muttaqin, Tri Joko Raharjo dan Masturi. 2018. The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal Of Primary education. JPE 7 (1) (2018) : 103-112 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/22766/10814 (Diakses pada tanggal 15 Januari 2020)
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Mustari, Mohamad. 2013. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Narmoatmojo, Winarno. (2009). Ekstrakurikuler di Sekolah: Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya. Surakarta: FKIP UNS.
Nasution, Toni. 2018. Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah. Vol. 2 No. 1
Pengurus YPAC Semarang. 2013. Buku Pelayanan YPAC Semarang Dalam Rangka Ulang Tahun Emas
Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rifai, Muhammad. 2016. Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Melalui Seni Musik di SLB Kuncup Mas Banyumas. Skripsi. IAIN Purwokerto
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ciputat Press
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Salahudin, Anas dan Alkriencihie, Irwanto. 2013. Pendidikan karakter : Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung : CV. Pustaka Setia
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya
Septiani, Indah, Fuji Astutik dan Herlina Mansur. 2019. Menanamkan Karakter Percaya iri Siswa Melalui Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 2 Bukittinggi. E-jurnal sendratasik. Vol 7 No. 3 Seri C.
Sobri, Muhamad, Nursaptini, Arif Widodo dan Deni Sutisna. 2019. Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 6 No. 1 (61-67) http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi (Diakses pada 21 Agustus 2020)
Suhadi. 2007. Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta : Universitas Muhammadiyah
- Abstract viewed - 281 times
- PDF downloaded - 297 times
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Affiliations
Sri Muryanti
Universitas Negeri Semarang
Masrukhi Masrukhi
Universitas Negeri Semarang
Suwito Eko Pramono
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Implementation of Character Education in Social Studies Subjects at the Special School D / D1 YPAC Semarang
Vol 9 No 2 (2020): December 2020
Submitted: Dec 28, 2020
Published: Dec 17, 2020
Abstract
Social studies have an essential role in applying character values ​​for students. The purpose of social studies is to form good character and prepare students to become good citizens. This is following the goals of character education for children with special needs, namely to meet needs, familiarize social life, and form good behavior and attitudes following the norms prevailing in the society. Therefore, students must live in harmony with the community, and so must be applied in students. So that the problems in the form of a lack of independent nature and self-confidence of SLB students at YPAC Semarang are problems that must be resolved by teachers and schools as facilitators, a low character of student discipline accompanies this lack of attitude, so schools need to implement it. For SMPLB D / D1 YPAC Semarang, character internalization that is trying to be carried out includes the value of the self-confident character to find their potential and develop according to their talents. Have an independent nature to equipping children with special needs to live independently by minimizing assistance from other parties and the character of discipline that will later become provisions before living in society.