PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUKUSUMAN 1 KOTA TEGAL

Ayu Septi Arian

Abstract


Perpustakaan sekolah di Sekolah Dasar Negeri Mangkukusuman 1 kota Tegal jika dibandingkan dengan sekolah lain adalah satu-satunya sekolah dasar di kota Tegal yang memiliki perpustakaan dan dikelola olah pustakawan dengan latar akademik perpustakaan resmi (D3 Perpustakaan). Penelitian ini fokus pada dimensi perenca-naan pengelolaan, pengembangan sumberdaya manusia, dan pemanfaatan meng-gunakan pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif. Hasilnya adalah: (1) sekolah relatif sudah memiliki perencanaan pengelolaan yang baik dan standar sebagaima-na perpustakaan sekolah pada umumnya dikelola, yaitu dengan mengambil dana pengelolaan dari BOS, melengkapi koleksi perpustakaan yang dibutuhkan siswa-siswi dan para guru; (2) mengirimkan pustakawan untuk mengikuti pelatihan per-pustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan setempat serta memotivasi pustkawan untuk meningkatkan kinerja layanannya selalu; (3) menggagar metode yang tepat agar siswa-siswi terdorong untuk pergi ke perpustakaan dan memanfaat-kan koleksinya dalam memfasilitasi praktik pembelajaran mereka. Walau begitu, di sisi lain sebenarnya para guru ternyata belum memanfaatkan keberadaan koleksi perpustakaan sekolah tersebut secara penuh karena beberapa alasan. Hal itulah yang menjadi dasar bagi perlunya pihak Kepala Sekolah, para guru, karyawan dan Komite Sekolah untuk selalu mencari strategi yang baik dan tepat dalam mening-katkan layanan dan mengembangkan perpustakaan sekolah tersebut.

 

The Mangkukusuman’s first elementary public school library of Tegal is the only one of the school library which have the librarian with official academic background (D3) compared with others school in Tegal town, because most of elementary school doesn’t have library even less librarian to manage it properly. This research focus on the managerial plan, human resources development, and use dimensions of the school library by employing descriptive-qualitative research approach. The result are: (1) school have a good enough managerial plan on serving and developing the library for students and teachers i.e. use the BOS fund to finance the library, completing the library’s collections and etc; (2) sent the librarian on the library management training held by the regency education service, and motivate the librarian to increase her performance; (3) formulate appropriate method to invite the student going to the library by giving the learning assigment. But in other side the teachers don’t fully used the library yet as a learning resource. Based on those facts the headmaster, teachers, staff, and school committee have to seek the right and appropriate strategies on enhancing the library service and development.


Keywords


School library; Management; Utilization.

References


Milles, M.B & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metodemetode Baru. .. . . . . . .. Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rachman, M. 1999. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinaga, D. 2007. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kiblat Buku Utama.

Soeatminah. 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Sumardji, P. 1992. Pelayanan Referensi di Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.

Suwarno, W. 2007. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syukur, F. 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.