Abstract

Abstrak






SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat khusunya kelas V mengalami kesulitan dalam menulis narasi, hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai literasi dan kaidah ejaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi dan kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 205 dengan sampel sejumlah 157 siswa. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil: (1) terdapat pengaruh literasi terhadap kemampuan menulis narasi dengan nilai thitung = 2,513, nilai signifikansi 0,032 < 0,05, dan kontribusi sebesar 19,74% yang termasuk dalam kategori rendah; (2) terdapat pengaruh kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi dengan nilai thitung = 2,713 , nilai signifikansi 0,007 < 0,05, dan kontribusi sebesar 17,20% yang termasuk dalam kategori rendah; dan (3) terdapat pengaruh literasi dan kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi dengan nilai Fhitung = 4,303, nilai signifikansi 0,015 < 0,05, dan kontribusi sebesar yaitu sebesar 12,74% yang termasuk dalam kategori rendah. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi dan kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi siswa.


Abstract






Elementary school at Kresna Group West Semarang region especially 5th grade student’s have difficultis writing narration, which caused less knowledge about literacy and spelling. Based on that problem, this research aimed to determine the influence of  spelling rules and literacy towards 5th grade student’s skills to write narrative essay. This research used correlation method with quantitative approach. Population on this research were 205 and the sample’s were 157 students. The research result showed that: 1) literacy  towards  skills to write narrative essay, value tcount 2.513, significancy 0,032 < 0.05 and contribution 19.14%, this included low level. 2) the influence of  spelling rules towards  skills to write narrative essay, value tcount 2.713, significancy 0.007  < 0.05 and contribution  17.20 %, this included low level. 3) the influence of  spelling rules and literacy towards  skills to write narrative essay, value Fcount 4.303, significancy 0.015 < 0.05 and contribution  12.74 %, this included low level. Based on research result could be concluded that influence of  spelling rules and literacy towards student’s skills to write narrative essay.