PEMBUATAN ALAT PERAGA AC SPLIT 1 PK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH SISTEM PENDINGIN DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Mohammad Arif Wirawan UNNES
  • Dwi Widjanarko Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan alat peraga AC Split dan mengetahui keefektifan alat peraga AC Split pada pembelajaran mata kuliah sistem pendingin.

 

Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Metode yang digunakan yaitu dengan desain eksperimen (before-after) dengan uji One Grup Desaind Pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 tahun ajaran 2018/2019. Subyek untuk menilai kelayakan alat peraga dari dosen jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang dan tenaga pendidik dari BP DIKJUR.

 

Hasil penilaian kelayakan alat peraga dari ahli media sebesar 80 dan dinyatakan sangat layak, penilaian dari ahli materi sebesar 85 dinyatakan sangat layak. Keefektifan alat peraga Hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 60,3 dan hasil nilai rata-rata posttest sebesar 78,3. Bedasarkan uji t diketahui bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga dengan hasil thitung sebesar 10,10 dan ttabel sebesar 2,022. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa alat peraga tersebut terbukti efektif.

Published
2020-08-19