Efektivitas Penerapan Modul Elektronik Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Teori Motor Bakar

  • Nugroho Kusumo Bayu Aji Universitas Negeri Semarang
  • Hadromi Hadromi
  • M. Burhan Rubai Wijaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin dalam kegiatan pembelajaran. 2) efektivitas penerapan modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin. 3) perbandingan efektivitas modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin dengan modul konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental).

Hasil uji kedua validator ahli media memberikan nilai dengan kriteria sangat layak dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan kedua validator ahli materi memberikan nilai dengan kriteria sangat layak dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penerapan modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin pada kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata hasil belajar sebesar 38,29, dari yang sebelumnya 39,64 menjadi 77,93. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi 6,86 dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 71,07. Berdasarkan hasil analisis uji dua rata-rata, nilai posttest pada kedua kelas diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.

 

Kata Kunci: efektivitas, modul elektronik, sistem injeksi bahan bakar bensin.

Published
2020-12-14