PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS X MIA-4 SMA NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Lies Aryanti Nur Sholekah

Abstract

Keterampilan siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan dalam kompetensi dasar menulis teks anekdot rata-rata belum mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari siswa maupun guru. Penelitian ini membahas permasalahan tentang proses, hasil pengetahuan, hasil keterampilan, serta perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses, keterampilan menulis teks anekdot, dan perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas siklus I dan siklus II.  Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan. Proses pembelajaran mengalami peningkatan pada aspek perhatian, keaktifan, keantusiasan, dan kekondusifan siswa menuju arah lebih baik. Keterampilan menulis teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa mengalami peningkatan 4,70% dari siklus I (76,00)  ke siklus II (83,54). Pengetahuan memahami teks anekdot bermuatan kesantunan berbahasa mengalami peningkatan 11,83% dari siklus I (68,14) ke siklus II (86,26). Perubahan perilaku siswa dalam sikap religius dan sikap sosial juga mengalami peningkatan sebesar 18,54% dari siklus I ke siklus II.

Article Details

How to Cite
Nur Sholekah, L. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS X MIA-4 SMA NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11301
Section
Articles
Author Biography

Lies Aryanti Nur Sholekah, Semarang State University

-

References

Chaer, Abdul. 2011. Cekakak-Cekikik Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaya, James. 2002. Foklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pardiyono. 2008. Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pranowo. 2009. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sauri, Sofyan. 2003. Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun Di Sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia: Mimbar Pendidikan.