PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN JOYFULL LEARNING MELALUI MEDIA PUZZLE BERMUATAN KONSERVASI ALAM PADA SISWA KELAS VII 4 SMP 1 PEGANDON KENDAL

Main Article Content

Nur Fatoni

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsi peningkatan proses pembelajaran puisi, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII 4 SMP 1 Pegandon dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan joyfull learning melalui media puzzle bermuatan konservasi alam. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi, pendekatan joyfull learning, dan media puzzle bermuatan konservasi alam. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik nontes yang terdiri atas observasi, jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes sebesar 16,36%, dari 69,95pada siklus I menjadi 81,16 pada siklus II. Selain itu, proses pembelajaran dan perilaku siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan percaya diri.

Article Details

How to Cite
Fatoni, N. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN JOYFULL LEARNING MELALUI MEDIA PUZZLE BERMUATAN KONSERVASI ALAM PADA SISWA KELAS VII 4 SMP 1 PEGANDON KENDAL. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11303
Section
Articles
Author Biography

Nur Fatoni, Semarang State University

-

References

Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salirawati, Das. 2010. “Model Pembelajaran Inovatif dalam Rangka Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi”. Makalah: UNY.
Sari, Dyah Puspita. 2010. “ Pengembangan Media Permainan Ular Asyik Bagi Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Pendekatan Joyfull Learning”. Skripsi: Unnes.
Sumardjo, Jakob dkk. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.