PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN TEKNIK MEMBACA RETENSI

Main Article Content

Arini Mega Silviana
Mukh. Doyin
Haryadi Haryadi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman cerpen, mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerpen, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman cerpen menggunakan strategi metakognitif dan teknik membaca retensi. Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Banjarmangu mengalami peningkatan. Siklus I mencapai 66,8 dan siklus II menjadi 77meningkat 10,2 atau sebesar 13,24%. Peningkatan ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif.

The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’ skill in reading comprehension short story, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students’ response to the learning activity in reading comprehension short story by using metakognitive strategy and retention technique. The action procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative. The result of this study showed that there were some improvements in reading comprehension short story by using strategy metakognitive and retention technique of the students in class IX B SMP Negeri 1 Banjarmangu. First cycle is about 66,8%, and become to 77% or increase about 10,2 or about 13,24%.This raising level also followed by student’s behavior from negative to positive.

Article Details

How to Cite
Silviana, A., Doyin, M., & Haryadi, H. (1). PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN TEKNIK MEMBACA RETENSI. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.3999
Section
Articles

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Penerbit Alfabeta

Depdiknas. 2004. Keterampilan Membaca Pemahaman. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Haryadi. 2006. Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik. Semarang : Rumah Indonesia.

Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Artikel, Resensi, Laporan, Makalah, Proposal, Skripsi, Tesis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Windaka, Tinggar Adi. 2010.”Peningkatan Pemahaman Cerpen dengan Teknik Membaca Retensi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Belik Pemalang”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Yessy, Atrianing. 2010. ”Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Metode Trio Peta Cerita pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Cepiring Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Zhang, Chao. 2010. ”The Teaching of Reading Comprehension under the Psychology Schemata Theory”. Journal of Language and Research. Volume 1 . University of Science and Technology Qingdao.