PENGARUH KEBIASAAN MENONTON TELEVISI ACARA INFORMASI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN

Main Article Content

Aveny Septi Astriani
Dandan Supratman
Rahayu Pristiwati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa semua orang bisa berbicara, tetapi tidak semua orang bisa berbicara dengan memukau di depan audien. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh menonton televisi acara informasi dan pergaulan teman sebaya terhadap keterampilan berbicara menggunakan ex post facto, dengan wawancara kepada tigapuluh responden. Hasilnya menonton televisi acara informasi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa secara parsial 10,7%. Pergaulan teman sebaya berpengaruh secara parsial 41,4%. Kebiasaan menonton televisi acara informasi dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama sebesar 20,6%.

The study is based on the fact that all people can talk, but some people can’t talk in impressively. The purpose of the study was to determine the influence of watching information show at television and peer social interaction towards student’s speaking skill using ex post facto method. The result is that the habits of watching information show at television influence at student’s speaking skill partially 10,7%. The peer social interaction, partially, it is 41.4%. Together, 20.6% influence.

Article Details

How to Cite
Astriani, A., Supratman, D., & Pristiwati, R. (1). PENGARUH KEBIASAAN MENONTON TELEVISI ACARA INFORMASI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.4002
Section
Articles

References

Bleakley, Amy. 2013. Predictors of Parents’ Intention to Limit Children’s Television Watching. Journal Public Health. doi:10.1093/pubmed/fds104.

Daliman.1997. Ilmu Pendidikan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Press.

Hurlock, Elizabeth B. 1994. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan Istiwiayanti). Jakarta: Erlangga.

Lindiyana. 2009. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Sikap Percaya Diri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 2 SD. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Meilini. 2010. Hubungan Kebiasaan Menonton program Hard News dengan Motivasi Belajar Siswa ( Studi Deskriptif Korelasional Pada Siswa SMA N Kota Bandung). Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Supratman, Suparmin Dandan. 2011. Fundamental Of Speech Comunication dan Retorika Modern. Semarang.

Wahyudi, J.B. 1983. Jurnalis Televisi. Bandung : Ikatan Alumni
Waldopo. 2000. Potensi Televisi sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaran : Jurnal Teknodik. Jakarta : Pustekkom.