PENINGKATAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII B

Main Article Content

Esti Puji Lestari
Nas Haryati Setyaningsih
Hari Bakti Mardikantoro

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca, mendeskripsi peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca siswa, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca dengan metode cooperative script. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes dan nontes. Nilai rata-rata siklus I 62,43 dan siklus II 77,67. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang lebih positif.

The aim of this research is to describe learning process of retelling children story that is read, describing an increase of retelling children story’s skill that students read, and describe students behavior change after following learning of retelling children story that is read using cooperative script method. This research uses cycles PTK design that is conducted in two cycles, cycle I and cycle II. The result shows that there is development in the result of test and nontest. The average on the cycle I is 62,43 and cycle II is 77,67. The students behavior in following learning process changes to the more positive side.

Article Details

How to Cite
Lestari, E., Setyaningsih, N., & Mardikantoro, H. (1). PENINGKATAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII B. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.4008
Section
Articles

References

Aini, Nurul. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam

Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009”. Skripsi. Unnes.

Dewi, Fitri Laela Kurnia. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jekulo Kudus”. Skripsi. Unnes.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Hidayati, Nurul. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak yang Dibaca Melalui Model Stratta dengan Teknik Cerita Berangkai Siswa Kelas VII B MTs Al Islam Limpung Kabupaten Batang”. Skripsi. Unnes.

Likawati. 2009. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerpen dengan Teknik Latihan Berjenjang Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 13 Semarang”. Skripsi. Unnes.

Mello, Robin. 2001. “The Power of Storytelling: How Oral Narrative Influences Children’s Relathionships in Classrooms.” International Journal of Educatieron and Art, volume 2 No. 1, February.

Mokhtar, Nor Hasni dkk. 2011. “The Effectiveness of Storytelling in Enhancing Communicative Skills” Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 18, 2011.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanti, Henna. 2008. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Anak Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity dengan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD N Mantingan Jaken Pati”. Skripsi. Unnes.