Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jauhnya lokasi sekolah dari pusat perkotaan sehingga menyebabkan kurangnya informasi yang masuk ke sekolah ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konstruksi sosial guru terhadap pembelajaran IPS, mendeskripsikan implementasi pembelajaran IPS di SD Inpres 6/86 Laburasseng, mendeskripsikan dampak pembelajaran IPS di SD Inpres 6/86 Laburasseng. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan model interaktif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa konstruksi sosial guru terhadap pembelajaran IPS berbeda-beda khususnya pada tahap objektifikasi dan terjadi pergeseran pandangan terhadap pembelajaran IPS yang ideal yang menyebabkan implementasi dari pembelajaran IPS menyimpang sehingga berdampak pada perilaku siswa. Berdasarkan hal tersebut disarankan agar guru-guru lebih aktif untuk mengikuti pelatihan-pelatihan serta diklat-diklat dan mencari informasi yang lebih banyak untuk menambah wawasan tentang pembelajaran IPS.

 

The research was distributed by school location away from urban centres so that the cause of the lack of information coming into this school. The purpose of this study is to describe the social construction of teachers towards social science learning, social science learning implementation described in the primary presidential instruction 6/86 Laburasseng, described the impact of  social science learning in the primary presidential instruction 6/86 Laburasseng. This research includes qualitative research. The technique of data collection conducted in-depth interviews with, observation and documentation. Analytical techniques in the study with the use of interactive models i.e., data collection, data reduction, data presentation, and data verification. The research found that the social constructions of teachers towards social science learning are different in particular at the stage of objectification and shifting views of the ideal social science study which led to the implementation of the social science study distorted so that the impact on student behavior. So it is recommended that teachers more actively to follow training-training-training as well as training and are looking for more information to add insight into social science learning.

Â