Abstract

Sumber belajar yang ada di sekolah belum memuat kegiatan yang dapat melatih kemampuan memprediksi siswa. Media pembelajaran belum digunakan secara maksimal. Pengembangan media pembelajaran berorientasi POE (predict, observe, explain) yang dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan memprediksi siswa serta mengetahui hambatan yang dialami siswa dalam memprediksi. Metode penelitian menggunakan mix method. Hasil validasi media diperoleh skor rata-rata 3,35 dengan kriteria valid. Karakteristik media dikembangkan dengan strategi belajar POE, diawali dengan jenis soal memprediksi untuk melatih keterampilan memprediksi siswa, observasi untuk melihat kebenaran prediksi siswa kemudian menjelaskan materi pelajaran yang memperlihatkan keterkaitan antara tema dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya terangkum dalam tampilan yang menarik. Hasil uji peningkatan keterampilan memprediksi secara keseluruhan sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Hasil uji peningkatan  motivasi belajar siswa sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hambatan siswa dalam memprediksi yaitu: 1) siswa tidak bisa menjelaskan fenomena yang belum pernah dilihat atau dialami sebelumnya; 2) siswa tidak bisa menjelaskan hubungan sebab akibat; 3) siswa kesulitan dalam menginterpretasikan data; dan 3) siswa tidak bisa menganalisis data.

 

Learning Resources that are in school does not contain the activity that can train predict ability students. Learning Media is be exploited yet. Development-oriented learning media POE (predict, observe, explain) that can promote motivation and skills predicts that students and knows constraints students in predicting. Research method using mixed method. Result of the validation media, the score price 3,35 with the criteria were valid. The characteristics media developed with learning strategy POE, started with the kinds of questions predicted to train skills predicted students, observation to see the truth prediction students then explains the subjects which shows link between a theme with its application in daily life. All was summed up in attractive views. Test result improving the skills predicted as a whole was 0,60 with the category. Test result as students learning motivation of 0,54 with the category. Obstacles students in predicting: 1) students could not explain the phenomenon that has never been seen or experienced before; 2) the students could not explain cause-and-effect relationship; 3) students difficulties in interpret data; and 3) students could not be analyzed the data.