Abstract

Abstrak

Pembelajaran IPA di SD Negeri Glempangpasir 01 masih menggunakan metode ceramah dan hafalan serta kurang menekankan keterkaitan antara sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat atau science, environment, technology, society (SETS) dalam menumbuhkan sikap tanggap bencana tsunami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pemb- elajaran bervisi SETS IPA yang valid, efektif, dan praktis. Perangkat yang dikembangkan:  silabus, RPP, buku ajar, LKS, dan tes hasil belajar. Penelitian pengembangan (R & D) ini terdiri atas 4 tahap yaitu tahap pengembangan, validasi, uji coba skala terbatas, dan uji coba skala luas. Data validitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran dianalisis dengan deskriptif persentase. Perbedaan hasil belajar dianalisis dengan uji t-test berpasangan, sedangkan ke- tuntasan hasil belajar siswa dihitung dengan uji - z.. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis SETS IPA valid dengan rerata nilai 3,69 pada kategori sangat baik. Penerapan perangkat pembelajaran berbasis SETS IPA praktis ditinjau dari rerata ket- erlaksanaan RPP 3,79 dalam kategori sangat baik, respons siswa dan respons guru mecapai kategori sangat baik. Penerapan  perangkat  pembelajaran berbasis SETS IPA efektif dalam mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal ≥ 75% dan ketuntasan individu (KKM ≥ 70), rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari rerata hasil belajar kelas kontrol, dan berbeda secara signifikan karena t hitung > t tabel.

 

Abstract

Science learning in elementary school Glempangpasir 01 still use the lecture method and rote and less stressed linkages between science, environment, technology and society or SETS in growing tsunami disas- ter responsiveness. This study aims to develop a vision of learning tools SETS IPA valid, effective, and practical. Device developed: syllabi, lesson plans, textbooks, worksheets, and achievement test. Research & development (R & D) is composed of 4 phases: development, validation, testing a limited scale, and large- scale trials. Data validity and practicality of learning devices were analyzed with descriptive percentages. Differences in learning outcomes were analyzed by paired t-test, whereas mastery of student learning outcomes calculated by the test-z .The results show that the learning-based SETS valid IPA with a mean value of 3.69 in the excellent category. The application of science-based learning SETS practical feasibi- lity in terms of the mean RPP 3.79 in the excellent category, student and teacher responses mecapai very good category. The application of science-based learning SETS effective in achieving learning outcomes classical completeness ≥ 75% and completeness of the individual (KKM ≥ 70), the mean experimental class learning outcomes greater than the mean control classroom learning outcomes, and significantly different because t count> t table.