PENGEMBANGAN CERITA ANAK BERWAWASAN BUDI PEKERTI BAGI PENDIDIKAN KARAKTER

Mei Fita Asri Untari, Teguh Supriyabto, Hari Bhakti Mardikantoro

Abstract


Pembelajaran merupakan upaya mengembangkan kemampuan akademik dan pembentukan watak yang positif serta perilaku budi pekerti. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah mengembangkan materi ajar cerita anak berwawasan budi pekerti. Bagaimanakah pengembangan materi ajar cerita anak berwawasan budi pekerti untuk pendidikan karakter siswa SD? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan materi ajar cerita anak berwawasan budi pekerti untuk pendidikan karakter siswa SD. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 02 Gayamsari Semarang dan SD N 04 Kertosari Singorojo, guru SD, dan ahli. Desian penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar siswa dan perilaku berbudi pekerti siswa. Data diambil dengan angket, tes, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis dan pembahasan dihasilkan materi ajar cerita anak berwawasan budi pekerti yang dinyatakan baik dan layak oleh ahli. Materi ajar cerita anak berwawasan budi pekerti memiliki aspek keberterimaan setelah dilakukan uji coba terbatas pada siswa SD N 2 Gayamsari Semarang dan SD N 4 Kertosari Singorojo, Kendal. Keberterimaan materi ajar cerita anak berwawasan budi pekerti dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa, kemampuan menceritakan kembali, dan perilaku berbudi pekerti.

Teaching is the effort to develop the academic skill and positive mind and also good deed. One of the ways to do that is developing good deed story as learning material. How to develop the good deed story for characterized education at elementary school student? The purpose of this study is to describe the development good deed story for characterized education at elementary school student. The subjects of this study are the fifth graders of SD N 02 Gayamsari and SD N 04 Kertosari Singorojo, teachers and expert. This research is regarded as research and development study. The variable of this research are the studentsí score and good deed. The data is taken by questionnaire, test and observation sheet. The analysis from the expert shows that the good deed story as learning material is good and appropriate. The good deed story as learning material acquired the appropriateness after the test at the students of SD N 2 Gayamsari Semarang and SD N 4 Kertosari Singorojo, Kendal. The appropriateness of good deed story as learning material is proved by the studentsí test score, studentsí retelling skill, and studentsí good deed.


Keywords


Characterized education; Elementary school students; Story

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.