Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan validitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah melalui strategi STAD. Penelitian ini menggunakan model penelitian  Thiagarajan, Semmel, and Semmel, yang terdiri dari empat tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah : silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Bahan Ajar, dan Instrumen Penilaian Kognitif dan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah. Hasil validasi menunjukkan rata-rata skor penilaian validator terhadap silabus 3,6; RPP 3,2; LKS 3,3; MA 3,2; Tes 3,1, sehingga hasil pengembangan perangkat yang dikembangkan valid. Aktivitas siswa sangat responsif yang menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa sangat tinggi yaitu dengan skor rata-rata sebesar 3,50. Hasil uji coba skala luas diperoleh hasil uji t berpasangan thitung = 10,727 > t0,05;20 = 1,725 artinya hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen lebih baik setelah diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah melalui strategi STAD, dan hasil uji banding peningkatan hasil belajar IPA diperoleh  = 5,946 >  = 1,682 artinya peningkatan hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan strategi STAD lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model konvensional.

The purpose of this study was to investigate the characteristics and validity of the development of problem-based learning tools by STAD. This research is the development by using models Thiagarajan, Semmel, and Semmel, this model consists of four phases: define, design, develop, and disseminate. Learning tools developed are: Syllabi, Lesson Plan, Student Worksheet, Learning Materials, and Cognitive Assessment Instrument and Instrument Rating Scientific Attitude. Validation results show the average score of the Syllabus assessment validator 3.6; Lesson Plan 3.2; Student Worksheet 3.3; Learning Materials 3.2; Cognitive Assessment Instrument 3.1, so that the results of the development of a device developed valid. Student activity very responsive and enthusiastic students who showed that the scientific attitude of students is very high, with an average score of 3.50. The results of large-scale test results obtained paired t test t = 10.727> t0,05; 20 = 1,725 means science learning outcomes of students in the experimental class better once taught using problem-based learning through STAD, and the results of comparative tests Science increase learning outcomes obtained t_count = 5.946> t _ ((0.05; 42)) = 1.682 means learning outcome science students taught using problem-based learning with STAD better than students taught using conventional models.