Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak implementasi model kooperatif
tipe CIRC terhadap kemampuan menulis rangkuman matematis. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dipilih dengan teknik sampling
jenuh. Kelompok diberi perlakuan pembelajaran model kooperatif tipe CIRC dan
dibedakan kelas homogen dan heterogen. Pengambilan data diperoleh dengan
metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi, dan dianalisis dengan ANOVA dua
jalur. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan kemampuan
menulis rangkuman matematis peserta didik SD yang memperoleh pembelajaran
matematika menggunakan model kooperatif tipe CIRC antara kelompok homogen
dan kelompok heterogen, (b) terdapat perbedaan kemampuan menulis rangkuman
matematis peserta didik SD yang memperoleh pembelajaran matematika
menggunakan model kooperatif tipe CIRC antara kelompok bawah dan kelompok
atas, (c) terdapat interaksi kemampuan menulis rangkuman matematis antara
model kooperatif tipe CIRC antara kelompok homogen dan kelompok heterogen
dengan kemampuan awal peserta didik SD, dan (d) pembelajaran menggunakan
model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan disposisi matematis peserta didik
SD.

Abstract

The purpose of  this study to determine the impact of  the implementation of  cooperative
models of  CIRC to write a summary of  mathematical ability. This study uses a quantitative
approach. The sample was selected with saturation sampling technique. Treated group
cooperative learning models and differentiated CIRC homogeneous and heterogeneous classes.
Retrieval of  data obtained by the method of  documentation, tests, questionnaires, and
observations, and analyzed by two ways ANOVA. The results obtained are as follows: (a) there
are differences in the ability to write summaries elementary mathematical learners acquire
mathematical learning using cooperative model of  CIRC between the homogeneous and
heterogeneous groups, (b) there are differences in the ability to write summaries elementary
mathematical learners acquire mathematical learning CIRC cooperative model between
the bottom and top of  the group, (c) there is no interaction between the ability to write a
summary of  mathematical models of  CIRC type cooperative between the homogeneous and
heterogeneous groups with the ability of  early elementary school students, and (d) cooperative
learning type CIRC increasing disposition elementary mathematical learners.