PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS REVIEW (TGT-R) UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP KERJASAMA DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Sikap kerjasama dan pembiasaan sikap peduli lingkungan perlu dilaksanakan di
Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan karakteristik , mengetahui
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran model TGT-R.
Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Analisis
data menggunakan uji t, uji N <gain>, dan deskriptif statistik. Hasil Analisis data
perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, hasil validasi silabus 3,53; RPP
3,56; LKPD 3,67; Bahan ajar 3,50 dan Soal 3,75 berarti dalam kategori sangat
baik. Perangkat pembelajaran efektif, persentase hasil belajar sebesar 84%. Hasil
uji <gain> kelas eksperimen 0,47 kategori sedang dan hasil pengamatan aktivitas
peserta didik 3,9 kategori tinggi. Skor karakter peduli lingkungan 3,0 kategori
Mulai Berkembang (MB). Skor karakter kerjasama 3,3 kriteria Membudaya (MK).
Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh skor respons guru 3,60 atau 87%
kategori sangat setuju. Skor respons peserta didik sebesar 92% kategori sangat baik.
Saran terhadap hasil penelitian adalah perlu adanya pengembangan perangkat
pembelajaran berupa CD interaktif dan buku petunjuk guru yang disesuaikan
dengan kurikulum 2013.
Abstract
The cooperation and environmental caring attitude are urgent to be implemented in elementary
school. The aims of this research are to describe the characteristic of TGT-R learning tools,
and to know validity, effectivity, practibility of TGT-R learning tools. This is a research and
development (R&D). The data analysis were done t-test, N <gain>, and statistic description.
TGT-R Learning tools have been categorized valid. Learning tools are effective. It could be
seen from 84 % of students have qualified cognitive score criteria. The Experiment class’s
<gain> test is 0.47 included in moderate category, student’s activity observation shows very
high category. Students’ environmental attitude score is 3.0 included in developing category.
Students’ cooperation score is 3.3 included in established category. Learning tools practibility
is derived from teacher’s respon that shows score 87% or strongly agree and students’ respon
show 92 %Â or very good respons.