Implementasi Pembinaan Prestasi Taekwondo Kota Pekalongan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maulana Arif Kurniawan
Husnul Hadi
Isna Nurdin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendukung program pembinaan prestasi di klub Taekwondo Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembinaan prestasi taekwondo di Kota Pekalongan cukup baik, dilihat dari implementasi input ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketercapaian keberhasilan atlet antara lain yaitu sumber dana, karena dana yang di dapat sebagian besar dari para orang tua atlet belum adanya peran dari pemerintah Kota, faktor yang lain adalah sarana dan prasarana, masih kurang lengkap untuk proses pembinaan prestasi dan tempat latihan kurang baik untuk di proses pembinaan prestasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu implementasi pembinaan prestasi takwondo di Kota Pekalongan cukup baik, dilihat dari pemasalan anggota taekwondo dilihat dari banyaknya yang mengikuti kegiatan ujian kenaikan tingkat (UKT) dan beberapa kejuaraan yang diadakan oleh pengurus cabang sudah berjalan dengan baik, pelaksanaan proses pembinaan prestasi belum cukup maksimal karena hanya mengambil atlet dari bidang prestasi, kualifikasi pelatih dan program latihan pada setiap klub dilaksanakan latihan seminggu 3 sampai 6 kali, keberadaan PBTI sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tugasnya masing-masing, sarana dan prasarana yang tersedia masih kurang dari segi kebersihannya maupun jumlah alatnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Bompa, T.O. (1994). Theory and Metodologi of Training. The Key to Athletic Peformance, 3th Edition. Dubuque
Candra, A. R. D. (2016). Pembinaan Prestasi di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 5(2), 47-52.
IOWA: Kendalhunt Publishing Company.
Mulyadi, R. (2015). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Tenis Lapangan di Kabupaten Sleman. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
Maloeng, Lexy. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung : P.T Remaja Rosdakarya
Miftah. (1997). Perilaku Organisasi. Jakarta: CV Rajawali.
Rubianto Hadi. (2004). Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang : PKLO FIK UNNES.
Rubianto Hadi. (2007). Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang : Cipta Prima Nusantara.
Said Junaidi.(2003). Pembinaan Olahraga Usia Dini. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sajoto. (1995). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta. Dahari Prize.
Satori, Djam’an & Aan, Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Poerwadarminto. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusli Lutan. (2000)a. Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Depdiknas-----(2000)b. Manajemen Olahraga. Jakarta : Depdikbud,
Mulyadi, R. (2015). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Tenis Lapangan di Kabupaten Sleman. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
Musanef. (1991). Pembinaan. Diambil dari http://handpage.blogspot.com/p/ pembinaan ekstrakurikuler.html (Diambil pada 13/02/2014 jam 10.35).
Morgan, Clifford T. (1986), Introduction to Psychology, New York : Mc. Graw-Hill Book
Nataningrat. N. H. (2016). Survey Pembinaan Prestasi Klub Taekwondo Kabupaten Semarang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes.
Pate, Russel R., McClaneghan, Bruce and Rotella, R (1984) Sceintific Foundations of Coaching. New York: CBS Collage Publishing.