Analisis Biomekanika Keterampilan Gerak Topspin Tenis Meja pada Klub Alaska Kota Pekalongan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dina Ade Irmawati
Pandu Kresnapati
Muh. Isna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biomekanika keterampilan gerak topspin tenis meja pada klub Alaska Kota Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis. Instrumen utama yang dibutuhkan yaitu software dartfish teampro 5.5 dan video. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet klub Alaska Kota Pekalongan kategori pemula dengan sampel sejumlah 10 atlet tenis meja. Beberapa hasil pengukuran yang disajikan dalam penelitian untuk bahan analisis diperoleh hasil dari kesepuluh subyek dengan rata-rata sudut tekukan siku adalah 61.0˚, ratarata bukaan lengan atas 111.6 ˚, kecondongan tubuh 167.0 ˚, tekukan kaki kanan 166.0 ˚ dan tekukan kaki kiri 150.3 ˚. Rata-rata bukaan kaki sebesar 0.43m. Gerak topspin dengan koordinasi tubuh yang baik dan mengacu pada prinsip–prinsip biomekanika. Dominan sudut tekukan kaki setiap atlet tidak ditekuk secara maksimal karena itu akan berhubungan dengan hasil tarikan tangan saat pukulan topspin sehingga pukulan sedikit tidak dilakukan dengan baik. Semakin kecil sudut tekukan siku yang dihasilkan oleh atlet akan semakin maksimal gerakan yang dihasilkan. Kebanyakan kaki sebagian atlet tidak mau bergeser atau hanya mengandalkan jangkauan tangan dan kecondongan tubuh. Saran untuk semua pelaku olahraga tenis meja diharapkan ditambah menggunakan evaluasi dengan media visual yaitu dengan menggunakan bantuan software dartfish.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abdillah, B. A. 2016. Analisis Biomekanika Keterampilan Gerak Loncat Indah Golongan I Sudut Pada Widya Klub Jatidiri Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak diterbitkan.

Kertamanah, A. 2015. Teknik dan Taktik Permainan Tenis Meja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kurniawan, F. 2000. “Analisis Secara Biomekanika Teknik Gerak Serang Dalam Anggar”. Jurnal Majalah Ilmiah Olahraga. Volume 6

Mahendra, I.R., Sugiyarto, S. and Kiyatno, K., Faktor Kondisi Fisik Dominan Penentu Prestasi Bermain Tenis Meja (Analisis Faktor Fleksibilitas Pergelangan Tangan, Fleksibilitas Pinggul, Waktu Reaksi, Koordinasi Mata Tangan, Kelincahan, dan Power Otot Lengan pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Tenis Mej. Indonesian Journal of Sports Science, 1(1).

Nugroho, U. and Febrianti, R., 2019. Analisis Biomekanika Backhand Groundstroke Tenis Lapangan Atlet Porprov Klaten. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 5(2).

Official ITTF Channel. Xu Xin vs Tomokazu Harimoto | 2019 ITTF World Tour Grand Finals Highlights (1/4). Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=oRWJrm35FD8. Diakses pada 13 Desember 2019


Putri, N. R. 2013. Analisa Gerak Keterampilan Dropshot (Forehand) Olahraga Bulutangkis (Ditinjau Dari Segi Anatomi, Fisiologi dan Biomekanika). Skripsi. Semarang.
Ramawirawan, Catra Ditya. Kecil-kecil Berprestasi, Inilah Atlet Tenis Meja Termuda Dunia. Diambil dari https://review.bukalapak.com/sports/kecil-kecil-berprestasi-inilah-atlet-tenis-meja-termuda-dunia-90391. Diakses 19 Desember 2018

Rizka Putra Y, F.A.J.A.R., 2015. Study Analisis Ketermpilan Teknik Bermain Cabang Olahraga Permainan Tenis Meja. Jurnal Kesehatan Olahraga, 3(2).

Santosa, T., 2015. 2016. Penerapan Hasil Penelitian Pengembangan Alat Bantu Return Board Dalam Mendukung Pembelajaran Tenis Meja Ramah Anak. E-jurnal Kesehatan Olahraga.

Suwadji, A. S. B. 2014. “Analisis Gerak Lempar Lembing (Studi Pada Atlet Atletik Cabor Lempar Lembing PASI Sidoarjo, Ditinjau dari Aspek Biomekanika dan Kinesiologi)”. Jurnal Kesehatan Olahraga. 1 (2).