Pengembangan Latihan Speed Driblle Menggunakan Parachute Dribble pada Permainan Bolabasket

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Permata Sari

Abstract

Fakta di lapangan ketidakseimbangan antara proses latihan kemampuan dribble dengan kemampuan dribble pada permainan bolabasket, membuat lambatnya perkembangan kemampuan dribble setiap individu.Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengembangkan alat parachute dribble (2) mengetahui penggunaan produk parachute dribble (3) mengetahui kelayakan produk parachute dribble sesuai penilaian validator. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development, dengan data kualitatif dan kuantitatif. Menggunakan 5 kategori. Hal ini dilakukan agar didapat data yang empiris dan untuk menghasilkan alat Parachute Dribble yang layak digunakan. Hasil akhir pengembangan, alat dapat digunakan sebagai latihan mandiri dan dapat dikombinasikan dengan metode latihan yang lain. Hasil data skala kecil sebanyak 5 orang dari 3 aspek dan 26 pertanyaan diperoleh data sebesar 85,38% dan data skala besar dari 12 pengguna dengan 13 indikator alat yang telah dibuat oleh peneliti sebesar 88,07% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa alat Parachute Dribble sebagai alat bantu latihan speed dribble bolabasket yang dibuat oleh peneliti layak dan diterima oleh pelatih dan pengguna. Persentase rata-rata dari semua aspek berdasarkan penilaian ahli sesuai bidangnya, didapat persentase 82,30%, maka telah memenuhi kriteria Baik, dengan adanya saran perbaikan pada warna parachute dan kategori beban yang ada

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amber, vic. 2011. petunjuk untuk pelatih dan pemain bola basket. Bandung: pionir jaya.
Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: CV. Elwas Offset. Darmawan,
Gede Eka Budi. 2016. Penerapan Metode Latihan Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribble Bola Basket Ditinjau dari Koordinasi Mata dan Tangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha (Hal 212) Imam
Sodikun. 1992. Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. Khusnawan,
Isa. 2015. “Hubungan kecepatan lari dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola pada peserta ekstrakulikuler bolabasket putra di SMAN 2 Banguntapan Kabupaten Bantul”.Skripsi.FIK, Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Krause, J. V., Meyer, Don., & Meyer, Jerry. (2008). Basketball Skills & Drills: Th ird Edition. USA: Human Kinetics. Mohammad, Ali Ridho. 2017.”Pengaruh latihan dengan menggunakan parasut terhadap kecepatan lari 60 M”.Surabaya. Pusat Kajian Universitas Negeri Surabaya.
Novianti, Dwi dkk. 2017. “Latihan lari zig zag terhadap kecepatan dribbling dalam permainan bolabasket” dalam Jurnal Keolahragaan. Sumatra Selatan: Universitas Sriwijaya. Nuril Ahmadi. 2007. Panduan Olahraga Bola Basket. Surakarta : Era Pustaka Utama.
Oliver, Jon. 2007. Dasar-Dasar Bolabasket. Bandung : Pakar Raya. Pramutadi Asri, Lesly dan Suousepa.”Pengembangan Alat Parasut Lari untuk Meningkatkan Kualitas Lari”.SNIPS.02/Th.2016/Juli,2016:116-120. Romadhon. 2017. “Pengaruh latihan menggunakan resistance band terhadap power tungkai atlet ukm taekwondo UNY”. Skripsi. FIK, Pend. Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta.
Siti Nurrochmah, Supriayadi dan I Nengah Sudjana. 2009. Pengembangan Instrumen Tes Bolabasket Bagi Pemula. Jakarta : Asisten Deputi IPTEK Olahraga, Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga, Kemenpora R.I.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Triano, Rahmadani. 2019. “Pengembangan alat receive pass Isebagai alat bantu latihan chest pass pada permainan bola basket”.Skripsi.FIK, Pend. Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Semarang.
Wissel, H. (2000). Langkah Sukses dalam Bolabasket. (Terjemahan Bagus Pribadi). United State: Champaign, IL. (Buku asli diterbitkan tahun 1997).