Abstract

Tujuan dari pengabdian berbasis penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa Besar Kesehatan Mental  para pelatih PPLOP Jawa Tengah. Populasi dalam  penelitian ini adalah para pelatih PPLOP Jawa Tengah, yang berjumlah 24 orang. Kemudian  teknik pengambilan sampel adalah total sampling, merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan mengambil seluruh jumlah sampel yang berjumlah 24 orang.


Pengumpulan data utama dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan alat ukur atau kuesioner kesehatan mental.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi kesehatan mental hasilnya dengan category medium ada 4 pelatih dan category high ada 20 pelatih.


Disimpulkan bahwa identifikasi kesehatan mental pelatih sudah baik, mengingat hanya ada 4 pelatih dengan kategori medium. Sehingga para pelatih dapat mempertahankan mentalnya dengan baik. Dengan mengetahui kesehatan mental maka di harapkan para pelatih bisa melatih atletnya dengan baik dan bisa mengontrol kondisiya dan bisa waspada dalam menghadapi perlombaan.


 


Kata Kunci: Kesehatan mental, Pelatih PPLOP JATENG.