Abstract

Pembelajaran pada saat ini banyak yang menggunakan pembelajaran sistem daring. Pembelajaran
sistem daring dilakukan melalui berbagai media dan teknologi. Hal ini dikarenakan keterpisahan
antara peserta didik dengan guru. Dengan demikian, sistem pembelajaran dirancang sedemikian
rupa dalam rangka mengatasi pembatasan ruang dan waktu ini dikarenakan untuk memutus
penyebaran virus corona (COVID-19). Sejalan dengan pernyataan tersebut untuk membantu agar
pembelajaran seni tari tidak dibatasi waktu dan tempat, maka dikembangkan sebuah inovasi baru
berupa video yang dikemas kedalam aplikasi Tik Tok. Tujuan penelitian ini meningkatkan
kreatitvitas seni tari pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R & D) dan pendekatan interdisplin. Pendekatan interdisiplin (interdisciplin
approach) ialah pendekatan dalam pemecahan suatu masalah dengan menggunakan tinjauan
berbagai sudut pandang ilmu serumpun yang relevan secara terpadu. Pendekatan interdisiplin pada
pembelajaran seni tari melalui aplikasi tik tok secara efektif dapat meningkatkan kreativitas peserta
didik dalam pembelajaran seni tari. Pelaksanaan media video pembelajaran seni tari melalui
aplikasi Tik Tok, beberapa tahapan dengan menggunakan istilah siklus, siklus pertama, guru
menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan pendekatan interdisiplin, siklus kedua, guru
memberikan proses apresiasi dengan cara memberikan media video pembelajaran kepada peserta
didik melalui WhatsApp, siklus ketiga siswa diminta mengekspresikan kembali video yang sudah
dilihat peserta didik berdasarkan ide, konsep dan secara kreatif peserta didik.