Abstract

abstrak

Masalah penelitian ini adalah bagaimana layanan informasi belajar berbantuan multimedia untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pemberian layanan informasi yang ada di SMP N 1 Sawoo terkait dengan pengembangan kebiasaan siswa, (2) Dihasilkannya layanan informasi belajar untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa yang nantinya dapat digunakan secara praktis, mudah, dan menarik, (3) Mengetahui keefektifan layanan informasi belajar berbantuan multimedia terhadap peningkatan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Simpulan akhir dari penelitian ini layanan informasi belajar berbantuan multimedia belum efektif  untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa. Hal ini terbukti dari uji beda yang menunjukan Sig. (2-tailed) sebesar 0.012. Artinya hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan belajar siswa mengalami perubahan sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi belajar. Saran yang dapat diberikan untuk peneliti selanjutnya yaitu sebaiknya mencoba menggunakan metode lain dalam melakukan eksperimen uji coba keefektifan produk.

abstract

The problem in this research is how the multimedia assisted learning information service can improve students’ study habits. The aims of  this research are (1) to describe relation of  the implementation in applying information service in SMP N 1 Sawoo with the development of  students’ habit, (2) to improve students’ study habit which later can be used practically, easily, and in an interesting way by information of  learning service, (3) To find out the effectiveness of  multimedia assisted learning information service to the improvement of  students’ study habit. This research used Educational Research and Development. The conclusion of  this research is that multimedia assisted learning information service is not effective to improve students’ study habit. It was proven by t-test result that showed Sig. (2-tailed) is 0.012. From this result, we could find out that students’ study habit changed after learning information service was given to them. The suggestion for the next researchers is that it should be better to use another method in doing experiment of  product effectiveness.