Abstract

Abstrak

Perilaku agresif  merupakan perilaku maladaptif yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang melekat  pada diri individu (remaja) dan bersifat melukai, merusak serta merugikan orang lain. Oleh karena itu, remaja diharapkan dapatmenempatkan diri secara tepat dalam merespon atau menghadapi tuntutantuntutansosialnya.Tujuandaripenelitian iniadalahuntuk menghasilkanmodel
bimbingankelompokdenganteknik outbound
yang efektif  untuk mengurangiperilaku agresif  siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode Educationalresearch and development, dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa dipilih secarapurposive sampling dari 366 populasi. Pengambilan sampel sebanyak 10 siswa, agardalam proses pemberian treatment dalam kegiatan bimbingan efektif  dan optimal.Hasil uji coba lapangan menunjukan tingkat perilaku agresif  siswa mengalamipenurunan. Tingkat perilaku agresif  siswa sebelum bimbingan kelompok adalah67,88%  dan setelah bimbingan kelompok menurun menjadi 46,93%. Terjadipenurunan sebesar 20,94%. Penurunan tersebut terjadi pada semua aspek perilakuagresif. Ini berarti model layanan bimbingan kelompok dengan teknik outboundefektif  untuk mengurangi perilaku agresif  siswa.

Abstract

Aggressive behavior is a maladaptive behavior which is a behavior that is not in accordancewith the norms inherent in the individual (teenager) and be harmful, destructive and harmfulto others. Therefore, teenagers are expected to put themselves appropriately in responding toor dealing with social demands. The purpose of  this study is to produce a model of  groupcounseling with outbound effective technique to reduce students’ aggressive behavior. Thedesign of  this study uses methods Educational research and development, with a total sampleis 10 students selected by purposive sampling from 366 students which is population. Samplingas many as 10 students, so that in the process of  giving treatment in an effective and optimalguidance activities. The results of  the field trials showed the level of  aggressive behavior of students has decreased. The level of  aggressive behavior before the student group counselingwas 67,88% and after that it decreased to 46,93%. There was a decline of  aggressiveness asmuch as of  20,94%. The decline occurred in all aspects of  aggressive behavior. This meansthat model of  group counseling with outbound is effective to reduce the aggressive behaviorof  students.