Abstract

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat cooperative skills kelompok dengan perlakuan teknik self instruction dan numbered heads together dengan kelompok kontrol mahasiswa BK FKIP UNS angkatan 2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis rancangan nonequivalent group pretest-posttest control design. Populasi adalah mahasiswa BK FKIP UNS. Subyek sampelnya mahasiswa BK FKIP UNS angkatan 2013 berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala penilaian. Analisis data menggunakan One-Way Anova. Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna dari data pretest antar kelompok dengan nilai signifikansi 0,118>0,05. Tetapi terdapat hasil berbeda dari data posstest antar kelompok, dengan uji lanjut Least Significant Defference – test (LSD). Hasilnya Ada perbedaan tingkat cooperative skills sangat bermakna sesudah perlakuan antara kelompok eksperimen A dengan teknik self instruction dan kelompok eksperimen B dengan teknik numbered heads together dengan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dan tidak ada perbedaan tingkat cooperative skills yang bermakna sesudah perlakuan antara kelompok self instruction dengan kelompok numbered heads together dengan nilai signifikansi 0,127>0,05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat cooperative skills antara kelompok dengan perlakuan teknik self instruction dan numbered heads together dengan kelompok kontrol mahasiswa BK FKIP UNS angkatan 2013.

 

The purpose of research to find out the difference cooperative skill levels between group self instruction and numbered heads together techniques with control group BK FKIP UNS student in 2013 generation. This study an experimental research with nonequivalent group pretest-posttest control design. The population research BK FKIP UNS students in 2013 generation. The sample consisted of 60 students. Data source derived from primary data, the students. The instrument collecting data used rating scale. Data analysis using One Way Anova. The result data analysis showed no significant difference pretest between groups at significance level of 0.118 > 0.05. But there different result posttest between groups with advanced test using Least Significant Difference – test (LSD). Indicated that there a very significant difference cooperative skills after treatment between Experiment A self instruction and Experiment B numbered heads together with control group at significance level of 0.000 < 0.05. And there no significant difference cooperative skill levels after treatment between self-instruction and numbered heads together groups at significance level of 0.127 > 0.05. From the result research, that there a difference cooperative skills between self instruction and numbered heads together techniques with control group Guidance and Counseling students of FKIP UNS in 2013 generation.