Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berorientasi pada Perpres Nomor 87 Tahun 2017 pada Forum Guru Ambarawa
Fulltext PDF

How to Cite

Purnomo, A. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berorientasi pada Perpres Nomor 87 Tahun 2017 pada Forum Guru Ambarawa. JURNAL PANJAR : Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 156-159. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/panjar/article/view/29726

Abstract

Kurikulum yang selalu berubah-ubah membuat guru semakin risau, terlebih bagi peserta didik yang selalu ganti-ganti sumber belajar. Kondisi tersebut membuat kualitas pembelajaran rendah. Kendala lain adalah terbatasnya inovasi pembelajaran, media pembelajaran dan kemampuan guru dalam memadukan antara model, media dan materi pelajaran. Rendahnya kualitas pembelajaran juga disebababkan kurangnya pemanfaatan penguatan pendidikan karakter.
Para ahli dan berbagai hasil kajian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam seluruh proses pendidikan. Mutu pendidikan ditentukan oleh kualitas guru. Penelitian Purnomo (2016) tentang “landasan ilmu pendidikan guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi multi interpretasi pada sekolah menengah pertama di kota pekalongan” menyatakan bahwa kemampuan pedagogik guru-guru IPS di Kota Pekalongan meningkat karena adanya organisasi MGMP. Permasalahan yang mengemuka adalah narasumber untuk peningkatan kompetensi guru IPS di Pekalongan tidak tersedia.
Studi pendahuluan yang dilakukan dengan mewancarai Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kabupaten Semarang, menunjukkan bahwa pengembangan rancangan pembelajaran IPS SMP di Kabupaten Semarang, khususnya Ambarawa yang mengintegrasikan PPK cenderung pada tahap pengenalan. Bertolak dari identifikasi permasalahan tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah memberikan pengetahuan tentang pengintegrasian PPK dalam perangkat pembelajaran IPS pada forum guru Ambarawa?, dan (2) bagaimanakah melatihkan pengintegrasian PPK dalam perangkat pembelajaran IPS pada forum guru Ambarawa?.

Fulltext PDF