Implementasi Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran IPS pada Forum Guru Ambarawa
Fulltext PDF

How to Cite

Tukidi, T., Purnomo, A., Muntholib, A., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran IPS pada Forum Guru Ambarawa. JURNAL PANJAR : Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 160-162. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/panjar/article/view/29727

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam implementasi Kurikulum 2013. Dalam praktik pembelajaran, penggunaan pendekatan saintifik dilakukan dengan langkah-langkah (srategi) pembelajaran yang dikenal dengan strategi pembelajaran 5M yang terdiri atas: kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan (Permendikbud. No. 22 Tahun 2016). Strategi pembelajaran tersebut melatih peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran sebagaimana para saintis mengembangkan ilmu pengetahuan, walaupun tidak semua ilmu pengetahuan dikembangkan dengan cara tersebut.
Diskusi antara pengusul pengabdian dengan mitra yaitu forum guru Ambarawa untuk menyelesaikan masalah, maka akan dilaksanakan pemecahan masalah. Pemecahan masalahan yang akan dilaksanakan, yaitu dengan cara melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Implementasi Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran IPS Pada Forum Guru Ambarawa.
Bertolak dari identifikasi permasalahan tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah upaya melatih guru-guru membuat rancangan program pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan strategi pembelajaran 5M?, (2) Bagaimanakah upaya melatih guru-guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan strategi pembelajaran 5M?.

Fulltext PDF