Pemanfaatan Program Colour Note untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sebagai Upaya Mendukung Budaya Literasi Bagi Guru Sejarah SMA Kabupaten Semarang
Fulltext PDF

How to Cite

Wijayati, P., Suryadi, A., & Parasetyo, N. (2019). Pemanfaatan Program Colour Note untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sebagai Upaya Mendukung Budaya Literasi Bagi Guru Sejarah SMA Kabupaten Semarang. JURNAL PANJAR : Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 163-166. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/panjar/article/view/29728

Abstract

Rendahnya budaya literasi Indonesia menurut penelitian dari UNESCO, membuat pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan gerakan literasi di sekolah. Namun pada kenytaananya gerakan ini kurang berjalan dengan lancar. Masih rendahnya budaya literasi siswa disekolah karena minimnya tekadan untuk siswa yang memiliki jiwa budaya literasi yang tinggu. Guru seharusnya dapat menjadi teladan dalam menciptakan semangat budaya literasi di sekolah. Namun kenyataannya banyak guru yang memiliki budaya literasi yang rendah. Dengan memanfaatkan aplikasi Color Note dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode yang dapat mendukung gerakan literasi yang dicanangkan oleh pemerintah. Aplikasi ini merupakan aplikasi smartphone berbasis android, sehingga praktis dan dapat digunakan kapan dan dimana saja.

Fulltext PDF