MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN TAKRAW ASIK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BOLA BESAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Gugus Puji Arman Puji Arman Arman
Sulaiman ;
Tri Rustiadi

Abstract

Abstrak
Permainan sepak takraw masih diajarkan dalam bentuk permainan yang baku sehingga tidak semua siswa dapat memainkan permainan ini. Maka dari itu perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dan hasil pengembangnya yaitu model pengembangan permainan takraw asik. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 87,99% dengan kriteria baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 85,00% dengan kategori baik, dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 87,08% dengan kategori baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan takraw asik dapat digunakan guru penjas sebagai permainan alternatif dalamĀ  pembelajaran penjasorkes.

Abstract

Sepak takraw is still taught in the standard form of the game so that not all students can play this game. Thus it needs the modifications in the learning process. This research method is the development research and the development result is game developers takraw asik. The procedures include analysis of product development product that will be developed, developing initial products, expert validation, and revision, testing and revision of the small group, large group and test the final product. The data was collected using field observations and questionnaires were obtained from the results of expert evaluation and student questionnaires. The data analysis technique used is descriptive percentages. Based on the test results, the average percentage of product analysis of 87.99% is in good criteria. Data results of the questionnaire students in small group trials obtained an average percentage of 85.00% response with good category, and questionnaire data from a large group of students test answers obtained with the percentage 87.08% good category. Based on survey data, it was concluded that takraw asik game to use as an alternative learning for physical education game.

Article Details

Section
Articles