PEMBELAJARAN LOMPAT DENGAN ALAT BANTU BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIERANG 02 BUMIAYU KAB. BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

Main Article Content

Safri Ari Andika

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang didalamnya terdapat dua siklus. Tiap siklus PTK terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (Action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dan observasi. Instrument yang digunakan adalah RPP, lembar observasi dan tes praktek. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.
Upaya menggunakan alat bantu bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok  siswa kelas V SD Negeri Kalierang 02 Bumiayu. Sebelum menggunakan alat bantu bola gantung yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran sebanyak 2 siswa dengan persentase sebanyak 6,67%. Pada siklus pertama jumlah siswa yang tuntas adalah 16 dengan presentase 53,33%, sehingga ada kenaikan dari data awal, tetapi masih termasuk dalam keriteria sedang. Pada siklus kedua diketahui jumlah siswa yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran sebanyak 27 peserta didik dengan persentase 90%, termasuk dalam keriteria sangat tinggi.
Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil, karena sudah mencapai hasil belajar yang diharapkan dan penggunaan alat bantu bola dapat mengatasi hasil belajar siswa yang kurang optimal. Bagi guru penjas yang menemui kesulitan dalam mengajar atletik khususnya lompat jauh gaya jongkok, bisa menggunakan media alat bola gantung agar siswa lebih antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran serta dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan.  

Abstract

This research represent the research of class action (PTK), what in it there are two cycle. Every cycle PTK consisted of by the planning, action, observation and refleksi.  Method of data collecting used in this research is use the technique of data collecting in the form of tes of deed and observation. Instrument used by RPP, sheet of observation and tes practice. Technique analyse the data used by quantitative data and qualitative
Strive to use the assistive appliance of ball drape can improve the result learn the long jump of style cringe the student of class of V SD of Country Kalierang 02 Bumiayu. Before using assistive appliance of ball drape complete in following study as much 2 student with the percentage as much 6,67%. Thereby this research is told to succeed, because have reached the result learn expected and assistive appliance use of ball can overcome the result learn the student which less be optimal. For teacher penjas meeting difficulty in teaching athletic specially long jump of style cringe, can use the media of ball appliance drape to be student more enthusiastic and spirit of in following study and also can reach the result learn expected

Article Details

Section
Articles