PENGARUH JALAN KAKI TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU DAN VO2 MAX

Main Article Content

Titis Aulia Alfian

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kapasitas vital paru dan perbedaan VO2 max pada siswa putra yang berjalan kaki dan yang tidak berjalan kaki. Metode penelitian ini menggunakan survei dengan menggunakan tes. Sampel yang digunakan adalah siswa putra di SLTPN 2 Moga Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tidak berjalan kaki KVP siswa berumur 12,13, dan 14 tahun dalam klasifikasi baik dan VO2 max siswa berumur 12 tahun kurang sekali, siswa berumur 13 tahun termasuk kurang, dan siswa berumur 14 tahun termasuk kurang. Secara umum VO2 max-nya dalam kategori kurang sekali. Siswa yang berjalan kaki KVP untuk siswa berumur 12,13, dan 14 tahun termasuk dalam klasifikasi baik. VO2 max siswa berumur 12 tahun kurang sekali, siswa berumur 13 tahun termasuk sedang, dan siswa berumur 14 tahun termasuk sedang. Secara umum VO2 max-nya dalam klasifikasi sedang. Simpulan yang didapat adalah tidak ada perbedaan kapasitas vital paru dan VO2 max siswa yang berjalan kaki dan yang tidak berjalan kaki, dan ada hubungan kapasitas vital paru dengan VO2 max.



The purpose of this study to determine the differences in lung vital capacity and VO2 max difference in students who walk and the men who do not walk away. This study used a survey method using the test. Samples used by boys in SLTPN 2 Warungpring Moga district Pemalang academic year 2010/2011. Results showed that students who do not walk KVP for students aged 12,13, and 14 years were included in good classification and VO2 max for 12-year-old students included in the very less category, for students aged 13 years included into less category, for students 14-year-old included into less category. In general VO2 max was included in the very less category. Students who walk KVP for students aged 12, 13, and 14 years were included in good classification.VO2 max for a 12 year old students included into very less category, for students aged 13 years included into moderate category, for the 14-year-old students included into moderate categories. In general VO2 max was included in moderate classification. is. The conclusions were not difference in lung vital capacity and VO2 max of students who walk and not walk away, and lung vital capacity was not associate with VO2 max.

Article Details

Section
Articles

References

Eri Pratiknyo D. 2000. Petunjuk Praktek Tes dan Pengukuran OR. Semarang : FIK UNNES
Herry K. dan Eram.T.P. 2009. Panduan Praktikum UNNES Press
Guyton, 1983. Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC
Nurhasan. 2000. Penilaian Pembelajaran Penjaskes. Jakarta : Dedikbud
Sharkey, Brian J. 2003. Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta : PT Raja Grafindo
Sudjana. 2006. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito