Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Discovery Learning berbasis Adiwiyata Materi Aljabar

Main Article Content

Erina Siskawati

Abstract

Pelajaran matematika sampai saat ini masih dikategorikan materi yang sulit. Materi aljabar bagi peserta didik MTs Negeri 1Balikpapan merupakan konsep yang membutuhkan perhatian khusus. Semangat belajar peserta didik dalam belajar di pandangan peneliti masih rendah. Peneliti menawarkan pada pembelajaran aljabar menggunakan metode Discovery Learning berbasis Adiwiyata. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian dengan melihat, mengamati, membaca, mendengar, dan meyimak. Kegiatan dilanjutkan dengan mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan, mengumpulkan informasi, mendiskusikan dengan kelompok, dan menyimpulkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan jumlah peserta didik yang tuntas prestasi belajarnya dengan metode Discovery Learning berbasis adiwiyata. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di MTs Negeri 1 Balikpapan untuk kelas VII pada materi diambil aljabar. MTs Negeri 1 Balikpapan mendapat penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kota pada tahun 2013, 2015 tingkat propinsi, dan 2017 persiapan tingkat nasional. Variabel penelitian ini adalah keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan prestasi belajar peserta didik. Data dengan lembar pengamatan untuk variabel keaktifan dan untuk variabel prestasi belajar data diambil dengan tes. Data hasil pengamatan dan hasil tes diskoring, diolah serta disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, setelah melewati 3 siklus yang didalamnya dilaksanakan refleksi, terlihat adanya peningkatan proporsi peserta didik yang tuntas dan rata-rata skor kelas pada kedua variabel tersebut. Untuk jumlah peserta didik yang tuntas berturut-turut, pada variabel keaktifan 35%, 71%, dan 87% dan prestasi belajar 68%, 74% dan 81%. Meningkatnya keaktifan dan prestasi belajar menunjukkan materi aljabar dengan metode Discovery Learning berbasis adiwiyata yang tepat.

Article Details

How to Cite
Siskawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Discovery Learning berbasis Adiwiyata Materi Aljabar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 105-113. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19587
Section
Articles

References

Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara
Herbst, P. G. 2006. Teaching Geometry With Problems: Negotiating Instructional Situations and Mathematical Tasks. Journal For Research in Mathematics Education 37(4), 313-347.
Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Widiasana Indonesia.
Pertama, D. P. L. 2004. Kebijakan Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sriyono. 1991. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukestiyarno. 2008. Menyiapkan Guru Membuat Karya Ilmiah. (Online). (http://suchaini.blogspot.com/2008/04/menyiapkan-guru-membuat-karya-ilmiah.html, diakses 17 Desember 2010)
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jogjakarta: Kanisius.
Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdikarya